Nalagenetics dan Ruangguru Jadi Top Startup G20 Innovation League 2021

Nalagenetics dan Ruangguru Jadi Top Startup G20 Innovation League 2021

Nalagenetics dan Ruangguru terpilih sebagai top 10 startup dalam forum internasional G20 Innovation League 2021 yang diselenggarakan di Sorrento, Italia, pada 9-10 Oktober 2021. Nalagenetics meraih juara pertama pada kategori healthcare, sedangkan Ruangguru meraih juara kedua pada kategori AI (artificial intelligence).

Nalagenetics merupakan perusahaan teknologi medis yang berfokus pada personalisasi skrining dan intervensi kesehatan. Sementara Ruangguru adalah perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara.

Kedua portfolio East Ventures ini merupakan perwakilan startup dari Indonesia yang dipilih oleh Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia) untuk mengatasi tantangan global yang digarisbawahi oleh G20 (Group of 20) pada forum tahun ini.

Baca juga: Dirut Pertamina Masuk Daftar Most Powerful Women International 2021

“Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh Kominfo dan juga penyelenggara G20 untuk berbagi mengenai misi kami dalam menjadikan personalisasi kesehatan terjangkau untuk negara berkembang. Kami berharap untuk terus membanggakan nama Indonesia secara global,” kata Levana Sani, CEO Nalagenetics. 

Sementara Pendiri dan Direktur Operasional Ruangguru Iman Usman merasa terhormat telah dipilih oleh Kementerian Kominfo untuk mewakili Indonesia di ajang G20 Innovation League 2021. Penghargaan yang diperoleh ini merupakan hasil kerja keras ribuan tim Ruangguruyang senantiasa berinovasi untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan Ruangguru.

Pada ajang ini, kami berbagi tentang pengalaman Ruangguru dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan rekayasa (artificial intelligence) untuk menciptakan pengalaman belajar adaptif dan personal bagi pelajar di Indonesia. Semoga penghargaan ini bisa memotivasi kami untuk bekerja lebih baik lagi bagi pendidikan Indonesia, tutur Iman.

G20 Innovation League 2021

G20 Innovation League 2021 merupakan bagian dari Presidensi G20 Italia yang berfokus pada tantangan dan peluang untuk meningkatkan perdagangan internasional, investasi dan lapangan inovasi demi kesejahteraan manusia. Tahun ini, setiap negara dapat menunjuk startup untuk setiap tantangan global yang telah ditentukan, yaitu:

1)  Tantangan dan peluang Cleantech The Challenge and Opportunities of Cleantech.

2)  Bagaimana memaksimalkan potensi AI dan mengelola risikonya.

3)  Meningkatkan kapabilitas manusia melalui teknologi IoT dan wearables.

4)  Membangun kota pintar (smart cities) dan masa depan sistem transportasi dengan fokus khusus pada transportasi hijau dan pintar (smart mobility).

5)  Menciptakan kembali masa depan Healthcare.

Di Indonesia, Kominfo menunjuk empat startup untuk mewakili Indonesia, yaitu Waste4Change (cleantech), Ruangguru (AI), Advotics (IoT dan wearables), dan Nalagenetics (healthcare). Semua startup ini merupakan portfolio East Ventures.

Baca juga: Jeff Bezos Suntik Modal Startup E-Commerce Ula

Total 100 startups dari seluruh 30 negara melakukan pitching dan panelis menentukan top 10 startups sebagai contoh institusi yang dapat mengambil peluang langsung untuk mengatasi tantangan global serta mendorong investasi dan perdagangan global.

Direktur Pemberdayaan Informatika Bonifasius Wahyu Pudjianto menjelaskan, terpilihnya Nalagenetics dan Ruangguru di G20 Innovation League 2021 menunjukkan semangat anak bangsa untuk mewujudkan inklusi dan kesetaraan digital serta berkontribusi untuk menyelesaikan masalah global, terutama di bidang AI dan healthcare, melalui inovasi teknologi.

Italo Gani selaku Venture Partner East Ventures bangga menyaksikan portfolio perwakilan Indonesia menyampaikan solusi inovatif terhadap masalah global di forum G20 Innovation League 2021. Nalagenetics dan Ruangguru telah mencatat pencapaian baru dan menunjukkan kekuatan eksosistem digital Indonesia ke dunia. Selamat tim Nalagenetics dan Ruangguru,” ucapnya. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 13, 2021, 8:37 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.