Apakah Perhiasan Emas Rusak dan Tanpa Surat Bisa Digadaikan?

Apakah Perhiasan Emas Rusak dan Tanpa Surat Bisa Digadaikan?

Emas menjadi pilihan banyak orang ketika butuh data cepat karena mudah dicairkan. Namun ada satu kondisi di mana perhiasan emas yang akan digadaikan sulit diterima, bahkan dihargai sangat murah oleh toko emas seperti emas perhiasan rusak atau patah dan tidak memiliki kelengkapan surat.

Perlu diketahui bahwa emas perhiasan yang rusak atau patah akan mengalami penurunan harga saat dijual kembali. Hal ini karena biasanya toko emas membutuhkan biaya lebih untuk memperbaiki emas. Jadi, harga perhiasan Anda akan lebih rendah dari perkiraan harga pasaran.

Dikutip dari laman Sahabat Pegadaian, selain kondisi emas, kelengkapan surat atau sertifikat juga bisa mempengaruhi nilai jual perhiasan emas Anda. Sama halnya dengan perhiasan yang patah, emas yang tidak memiliki surat pembelian kemungkinan harga jualnya sangat rendah. Hal ini karena perhiasan tersebut bisa dianggap hasil curian.

Baca juga: Butuh Uang Mendesak, Jual Emas atau Gadai Emas?

Kelengkapan surat perhiasan emas sendiri memuat penjelasan nama perhiasan itu sendiri, berat, dan kadar yang bisa menjamin jika suatu saat melakukan jual beli atau gadai, perhiasan emas tersebut tetap memiliki nilai yang semestinya atau stabil.

Kondisi perhiasan emas dan surat pembelian emas memang penting untuk mendapatkan harga terbaik. Namun, jika perhiasan patah atau rusak dan surat tersebut hilang, bukan berarti Anda tidak bisa menguangkannya. Surat toko diperlukan ketika akan menjual emas, ada cara lain untuk menguangkan perhiasan Anda yang sudah tak memiliki surat-surat.

Gadai Emas Patah dan Rusak di Pegadaian

Setiap lembaga keuangan punya syarat dan aturan yang berbeda dan harus dipenuhi oleh nasabahnya, termasuk Pegadaian. Secara umum, persyaratan yang harus dipenuhi saat akan menggadaikan barang adalah menyeragkan fotokopi kartu identitas pribadi, membawa barang jaminan, dan menandatangani surat bukti gadai.

Baca juga: Hati-hati Jangan Tertipu, Ini Ciri-Ciri Emas Palsu

Bagaimana dengan emas perhiasan tanpa surat toko? Tidak perlu cemas karena pegadaian dapat menerima emas perhiasan tanpa surat toko emas sebagai jaminan. Pegadaian memiliki cara dan standar untuk menentukan nilai dan keaslian perhiasan emas Anda.

Salah satu produk Pegadaian yang bisa menjadi solusi gadai emas Anda adalah Pegadaian Gadai Emas. Pinjaman dengan skim gadai ini diberikan kepada nasabah untuk memenuhi kebutuhan produktif atau konsumtif. Dengan agunan yang salah satunya berupa perhiasan emas dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Anda bisa mendapatkan jumlah pinjaman mulai dari Rp50 ribu hingga Rp500 ribu.

Baca juga: Apa Penyebab Harga Emas Naik Turun?

Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perhiasan emas yang patah dan tanpa surat akan membuat nilainya jauh lebih rendah dari harga di pasaran. Hal ini tidak berlaku di Pegadaian. Perhiasan emas yang penyok, patah, ataupun hilang sebagian masih dapat digadaikan.

Jika nasabah menggadaikan perhiasan emas yang patah dan perhiasan yang tidak memiliki kelengkapan surat, maka tidak akan mengurangi nilai dari perhiasan emas itu sendiri. Karena yang dinilai adalah nilai emas itu sendiri, bukan semata-mata surat toko emasnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 13, 2021, 8:23 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.