Tips Mengatur Duit, Bukan Menyisakan tapi Menyisihkan

Tips Mengatur Duit, Bukan Menyisakan tapi Menyisihkan

Dalam perencanaan keuangan tidak ada istilah benar dan salah karena yang yang harus dipahami adalah menyesuaikann dengan kondisi keuangan masing-masing. Itulah yang disampaikan oleh Rista Zwestika selaku Co-Head Advisory Finansialku.com dalam IG Live yang membahas tentang bagaimana tips dan trik dalam merencanakan keuangan yang baik.

Hal tersebut didasari atas tingkat penghasilan, tingkat tanggungan, tingkat tujuan keuangan, dan tingkat pemahaman keuangan orang akan berbeda. Pada dasarnya, dalam mengatur keuangan perlu menguatkan pondasinya terlebih dahulu sebelum akhirnya menentukan tujuan keuangannya.

Menurutnya, mengatur keuangan merupakan seni yang memberikan kebebasan dalam mengatur uang. Dalam merencanakan keuangan perlu kecermatan dalam menentukan skala prioritas yang menjadi kebutuhan utama, selain itu perlu juga disiapkan dana darurat untuk mitigasi risiko dalam bentuk Asuransi secara pribadi.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengatur Keuangan Berpenghasilan Minim

“Orang-orang yang bisa bertahan dan beradaptasi bukanlah orang-orang yang memiliki banyak uang, namun orang yang melakukan perencanaan agar saat terjadi risiko dalam kehidupan, kita tidak merepotkan dan menyusahkan orang lain,” katanya.

Hal ini juga sesuai dengan piramida proteksi yang perlu disiapkan, di mana pada posisi terbawah itu adalah seberapa besar pendapatan yang dihasilkan kita tetap harus memitigasi risiko, dan di level terendah adalah asuransi kesehatan.

Pentingnya asuransi kesehatan ini adalah karena dalam bekerja kita memiliki banyak risiko yang juga perlu di mitigasi. Chelma Destria selaku Kepala Departemen Corporate Communication IFG Life menyimpulkan bahwa dalam mengelola keuangan, hal yang paling utama harus disiapkan adalah pondasinya.

Baca juga: Bagaimana Mengatur Keuangan di Era New Normal?

Hal penting lainnya adalah saat menerima penghasilan seberapapun itu, kuncinya adalah menyisihkan bukan menyisakan, karena saat kita sudah bisa membuat perencanaan keuangan dan sudah bisa menyisihkannya untuk tujuan-tujuan keuangan kita tersebut, maka kitalah yang dapat mengatur uang bukan uang yang mengatur kita.

“Tidak hanya itu, dana darurat dan juga mitigasi risiko pun menjadi prioritas utama dalam membuat perencanaan keuangan karena risiko bisa terjadi kapan saja dan hanya kita yang tahu hal-hal apa saja yang ingin kita lindungi untuk masa depan kita dan keluarga,” ucapnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 12, 2021, 5:50 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.