Shopee Siap Bawa UMKM Indonesia Naik Kelas

Shopee Siap Bawa UMKM Indonesia Naik Kelas

Shopee siap membantu perkembangan UMKM Indonesia agar bisa naik kelas. Salah satu upaya yang dilakukan melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor. Inisiatif ini diawali dengan menghadirkan dua Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, dan Bandung, serta Kampus UMKM Shopee di Semarang.

Kampus UMKM Shopee Ekspor ketiga juga akan segera menyusul di kota Malang. Kampus ini diharapkan dapat menjadi one stop solution bagi UMKM lokal untuk memulai digitalisasi usaha serta mengembangkan usaha ke pasar ekspor, melalui serangkai pelatihan, pendampingan dan berbagai fasilitas penunjang yang disediakan.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, UMKM merupakan bagian tak terpisahkan dari bisnis Shopee, maka dari itu Shopee menyiapkan Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor secara serius memberikan akses ini secara gratis.

Baca juga: Empat Kunci UMKM Menembus Pasar Global

Potensi UMKM Indonesia ini perlu ditingkatkan melalui bimbingan dan pendampingan agar mampu beradaptasi dengan perubahan pola konsumsi masyarakat yang kini semakin sering berbelanja secara online.

“Tidak hanya tujuan untuk beradaptasi secara umum, kami juga mempersiapkan program bagi UMKM untuk ikut mengekspor produknya keluar negeri lewat Program Ekspor Shopee yang kami desain dengan baik, agar UMKM lokal mampu ekspor semudah mengirimkan produk di dalam negeri,” katanya.

Kampus UMKM Shopee Ekspor fokus pada empat hal yang dipersiapkan untuk UMKM lokal yakni Bantuan Operasional dan Pendaftaran, Pelatihan dan Edukasi, Fasilitas Penunjang Pemasaran dan Ruang Pertemuan serta Pelatihan. Berikut penjelasan lengkap mengenai setiap sarana yang tersedia di Kampus UMKM Shopee Ekspor.

Baca juga: Transformasi dan Adaptasi Teknologi Jadi Kunci Sukses UMKM di Masa Pandemi

1. Bantuan Operasional dan Pendaftaran 

● Simulasi Gudang: Para pelaku UMKM bisa melihat demonstrasi aktivitas (proses inbound dan outbound) yang perlu diketahui oleh Penjual untuk memahami proses pengelolaan stok yang baik. Laptop dan printer di bagian inbound digunakan untuk memasukkan stok ke dalam sistem serta mencetak barcode untuk ditempel di produk dan lokasi penyimpanan.

Inventori perlu disimpan secara rapi dengan produk terpopuler disimpan di tempat yang paling mudah dijangkau. Pada bagian outbound terdapat berbagai peralatan yang biasa digunakan seperti mesin penimbang, barcode scanner serta peralatan untuk mengemas pesanan. 

● Pusat Ekspor: Dari Pusat Ekspor ini, diharapkan para pelaku UMKM bisa mendapatkan informasi terkait informasi serta prosedur yang harus dipersiapkan untuk berpartisipasi dalam Program Ekspor Shopee. Ada juga berbagai produk ekspor dari Bandung yang diharapkan memberikan inspirasi bagi pelaku UMKM yang ini juga merambah ke pasar global. 

2. Pelatihan dan Edukasi 

● Pusat Edukasi: Pusat Edukasi merupakan pusat informasi mengenai cara mulai berjualan di Shopee serta pusat informasi mengenai jadwal pelatihan yang dapat dipilih oleh Penjual UMKM mulai dari Modul Dasar (Basic), Menengah (Intermediate), hingga Lanjutan (Advanced). Pada Pusat Edukasi ini tersedia fasilitas seperti laptop dan smartphone agar penjual UMKM dapat memahami fitur di Shopee dan langsung melakukan pendaftaran.

Baca juga: Securities Crowdfunding, Alternatif Pendanaan Modal Usaha UMKM

3. Fasilitas Penunjang Pemasaran 

● Studio Foto: Spot studio foto ini bisa digunakan oleh para pelaku UMKM untuk mengambil foto produk dengan kualitas yang baik. Terlebih karena foto produk sangat krusial bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan dagangannya secara online melalui platform kami. Selain pengambilan foto produk secara langsung, para pelaku UMKM juga bisa menggunakan model supaya produknya terlihat lebih menarik. 

● Live Streaming Room: Shopee punya fitur yang bisa membantu para penjual memasarkan produknya dengan meningkatkan interaksi dengan para pembeli secara langsung, Shopee Live. Spot ini dilengkapi dengan peralatan yang mendukung kegiatan live streaming supaya produk bisa terlihat lebih menarik seperti background, tripod, lampu (ring light), bangku serta meja. 

Baca juga: 4 Tips Memanfaatkan Digital Marketing untuk UMKM

4. Ruang Pertemuan dan Pelatihan 

● Ruangan Pertemuan: Tersedia 4 ruangan yang dapat digunakan untuk pertemuan 1-on-1 antara pelaku UMKM dengan Trainer Shopee. Trainer Shopee yang didedikasikan untuk memberikan penjelasan terkait insight bisnis yang bisa membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan performa bisnisnya. 

● Ruangan Training: Ruangan training berkapasitas sekitar 30 orang disediakan bagi para penjual untuk mendapatkan pelatihan dari setiap layanan edukasi yang akan diadakan hampir setiap hari, 6 hari seminggu. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 4, 2021, 8:22 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.