Pemerintah Resmi Terbitkan Investasi ORI020

Pemerintah Resmi Terbitkan Investasi ORI020

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan resmi menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) kelima di tahun ini, yakni Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020. Masa penawaran investasi ORI020 ini ditawarkan mulai 4-21 Oktober 2021.

Pemerintah juga telah menetapkan imbal hasil atau kupon Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020 sebesar 4,95 persen per tahun. Nilai kupon ini memang jauh lebih lebih kecil dibandingkan dengan seri SBN ritel sebelumnya, yakni Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015 yang menawarkan kupon 5,1 persen per tahun.

Namun, jika dilihat dari BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) yang sampai saat ini masih bertahan di level 3,50 persen, ORI020 cukup menarik sebagai instrumen investasi, di mana masih ada spread sebesar 1,45 persen atau 145 bps.

Baca juga: Sama-sama SBN Ritel, Apa Beda SBR dan ORI?

Pemerintah kembali menawarkan ORI kepada masyarakat Indonesia dengan seri ORI020 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. ORI020 merupakan seri Obligasi Negara Ritel (ORI) ke-20 yang diterbitkan oleh Pemerintah dan penjualannya dilakukan secara online melalui e-SBN.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman mengatakan, melalui ORI020, Pemerintah ingin mengajak publik untuk terlibat dalam program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional dan bersama-sama menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi Covid-19.

“Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI020 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2021, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19. Salah satunya mendukung program vaksinasi di indonesia,” kata Luki saat Peresmian Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Kenali Keuntungan dan Risiko Investasi ORI

Luki menambahkan, para investor baru yang ingin berinvestasi di ORI020 sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 27 Mitra Distribusi (Midis). Pembelian ORI020 dilakukan secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).

Berinvestasi pada instrumen SBN ritel kini semakin mudah dengan adanya e-SBN. Melalui e-SBN, Anda dapat melakukan pembelian ORI020 di mana saja dan kapan saja secara online selama masa penawaran.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 4, 2021, 9:36 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.