Bank DBS Indonesia Terapkan Aspek Lingkungan dan Sosial dalam Bisnis

Bank DBS Indonesia Terapkan Aspek Lingkungan dan Sosial dalam Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi dalam aspek lingkungan dan sosial. Bahkan, aspek lingkungan dan sosial menjadi salah satu dari tiga pilar pendekatan bisnis yang dilakukan oleh Bank DBS.

Hal itu dikatakan Senior Vice President, Head of Corporate Real Estate, Technology & Operations PT Bank DBS Indonesia Santo Adi Nurcahyo. Sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan (purpose-driven bank), Bank DBS Indonesia senantiasa memikirkan aspek lingkungan dan sosial yang dapat dihasilkan dari bisnis yang dijalankan.

Salah satu langkahnya adalah dengan menggunakan 108 unit Renault Triber RXZ AMT sebagai kendaraan operasional yang ramah lingkungan. “Pembelian mobil operasional ini merupakan salah satu perwujudan keseriusan kami dalam mendukung agenda berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik,” katanya dalam acara Virtual Hand Over Ceremony Fleet Program, Kamis (30/9/2021).

Baca juga: Sustainable Finance untuk Menuju Indonesia Lebih Hijau

Penyerahan unit yang akan dilakukan dalam dua tahap, pada bulan September dan Oktober 2021 ini, ditandai dengan acara serah terima secara simbolis pada tanggal 30 September 2021, dan  akan dipergunakan untuk pemenuhan kendaraan operasional secara nasional.

Seiring dengan komitmen untuk menjaga standar pelayanan yang tinggi kepada Bank DBS Indonesia, maka Renault Triber RXZ AMT yang dikemudikan oleh pengemudi berpengalaman dan terlatih, memenuhi kriteria dalam hal kualitas kendaraan yang aman dan ramah lingkungan.

“Hal ini sejalan dengan standar Internasional yang telah dimiliki oleh Universal dalam hal sistem manajemen lingkungan, manajemen kesehatan dan keselamatan kerja,” ucap Operational & Purchasing Director of PT Universal Jimmy Wibowo.

Pada kesempatan yang sama, Chief Operational Officer PT Maxindo Renault Indonesia Davy Tuilan menjelaskan, Renault Triber merupakan partner terbaik, kendaraan operasional perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang ingin ikut berpartisipasi dalam mewujudkan lingkungan yang lebih sehat di Indonesia.

Pada tahun 2021, Renault Triber RXZ AMT telah melalui uji emisi gas buang dengan hasil CO 0.189 gram/km (limit 1 gram/km), HC 0.037 gram/km (limit 0.1 gram/km), Nox 0.029 gram/km (limit 0.08 gram/km). Hasil tersebut menjadi bukti bahwa Renault Triber RXZ AMT merupakan kendaraan yang ramah lingkungan yang mendukung program pemerintah untuk menekan polusi dari emisi gas buang kendaraan bermotor.

Baca juga: OJK: Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan tidak Mudah

Keamanan dari Renault Triber RXZ AMT, terbukti dari hasil uji NCAP pada 2020, yang menghasilkan bintang empat, dengan dilengkapi empat airbag yang dapat melindungi penumpang pada baris depan dengan maksimal dan sabuk pengaman hingga baris ketiga, sehingga memberikan keamanan yang lebih baik, bagi karyawan pengguna kendaraan operasional Bank DBS Indonesia.

Bank DBS Indonesia berupaya untuk mengatasi emisi karbon di Indonesia dengan mengganti mobil operasionalnya menggunakan Renault Triber RXZ AMT yang lebih ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan salah satu pilar sustainability Bank DBS Indonesia, yaitu Responsible Business Practices yang fokus pada implementasi bisnis berkelanjutan dengan mempertimbangkan lingkungan dan sosial dalam operasi bisnis sehari-hari.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 1, 2021, 8:49 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.