Sama-sama SBN Ritel, Apa Beda SBR dan ORI?

Sama-sama SBN Ritel, Apa Beda SBR dan ORI?

Surat Berharga Negara (SBN) ritel merupakan instrumen investasi yang diterbitkan oleh negara. SBN ritel ini punya empat seri, yakni Saving Bond Ritel (SBR), Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Ritel (Sukri), dan Sukuk Tabungan (ST). Khusus untuk seri SUKRI dan ST merupakan investasi berbasis syariah.

Belum lama ini, pemerintah akan menerbitkan SBN Ritel seri ORI, yakni ORI020 yang rencananya akan mulai ditawarkan pada 4 Oktober 2021. Sementara untuk SBR terakhir yang diterbitkan adalah seri SBR010 pada Juni 2021.

Baca juga: Pasar SBN Indonesia Masih Menarik bagi Asing Hingga Akhir Tahun

Instrumen SBN ritel cukup banyak peminatnya, tetapi tidak sedikit juga yang belum membedakan antara ORI dengan SBR. Berikut sejumlah perbedaan fitur SBR dan ORI:

1. Tenor

Jangka waktu SBR lebih pendek yaitu hanya 2 tahun, sedangkan jangka waktu ORI adalah 3 tahun.

2. Kupon

SBR memiliki tingkat kupon mengambang dengan tingkat kupon minimal (floating with floor) yang mengacu pada BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) ditambah spread  dan disesuaikan setiap 3 bulan, sedangkan ORI memberikan kupon tetap (fix) hingga jatuh tempo.

Baca juga: Laris Manis, Penjualan SR015 Tembus Rp27 Triliun

3. Perdagangan di Pasar Sekunder

SBR tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun memiliki fasilitas early redemption. Sementara itu, ORI dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik (WNI) baik kepada individu maupun institusi.

4. Potensi Capital Gain

Karena ORI diperdagangkan di pasar sekunder, ada potensi keuntungan dari selisih harga untuk investor yang membeli di harga rendah dan menjual di harga tinggi. Capital gain ini tidak ada pada SBR.

Itulah perbedaan singkat antara Saving Bond Ritel (SBR) dan Obligasi Negara Ritel (ORI). Berinvestasi di SBR dan ORI sangat aman, karena pembayaran pokok dan kuponnya dijamin 100 persen oleh negara.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 30, 2021, 8:02 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.