Tantangan Membangun Bisnis dalam Waktu 48 Jam

Tantangan Membangun Bisnis dalam Waktu 48 Jam

Minat anak muda Indonesia membangun bisnis sendiri dan menjadikan pilihan kariernya, terus meningkat beberapa tahun terakhir. Selain fleksibilitas, memiliki bisnis sendiri juga memungkinkan anak muda menjalankan pekerjaan sesuai hobi dan kegemarannya.

Meski demikian, tidak cukup hanya bermodalkan ketertarikan, sangat penting untuk terus menambah pengetahuan dan mengembangkan jiwa bisnis di dalam diri, untuk bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Dengan tujuan mendorong pertumbuhan bisnis anak muda dan terus membangun ekosistem wirausaha Indonesia, maka acara Diplomat Success Challenge (DSC) Weekend pun digelar. DSC Weekend merupakan program roadshow nasional dengan format “kompetisi mini’ untuk mengasah ide-ide bisnis yang baru dan berlandaskan atas masalah yang ada. 

Baca juga: DSC 12: Raih Peluang Sekarang dan Bikin Gebrakan

Sebagai bagian dari aktivitas roadshow Diplomat Success Challenge, kompetisi wirausaha terdepan yang diselenggarakan oleh Wismilak Foundation yang kini menginjak tahun ke-12, DSC Weekend menantang peserta untuk membuat perencanaan bisnis dalam waktu 48 jam dan bertemu dengan para coach dari berbagai berlatar belakang.

Program Initiator DSC Edric Chandra mengungkapkan, sejak awal, tujuan rangkaian roadshow berupa DSC 12 Weekend dan DSC Mini Event untuk untuk membangun ekosistem wirausaha Indonesia dengan menekankan pentingnya proses pembinaan atau mentorship bagi calon wirausahawan.

“Format baru DSC Weekend dan DSC Mini Event ini memberikan jangkauan lebih luas kepada calon wirausahawan muda baik itu di kota besar maupun di kota kecil. Roadshow terbuka untuk publik ini diharapkan dapat memantik semangat dan mendorong calon peserta untuk berpartisipasi dalam gelaran DSC 12 2021,” kata Edric dalam keterangan resminya.

Baca juga: Pebisnis Muda Dorong Pertumbuhan Kewirausahaan Waralaba

Salah satu peserta DSC 12 -  Weekend #6 Caroline Ardelia mempresentasikan ide bisnisnya kepada para  coach. Top 3 di DSC 12 - Weekend dengan presentasi proposal bisnis terbaik, berkesempatan mendapatkan golden ticket menuju national selection.

Lebih lanjut, di hari pertama DSC Weekend, calon wirausahawan dapat belajar materi langsung dari para coach seperti product, finance & marketing strategy. Nantinya mereka diminta untuk mengirimkan ide proposal bisnisnya, untuk dipilih lima ide proposal bisnis terbaik yang berkesempatan untuk melakukan presentasi langsung kepada coach di hari berikutnya.

Di hari kedua, selain mempresentasikan ide bisnisnya, sesi interaktif ini pun dimanfaatkan kelima peserta sebagai sesi coaching bisnis dalam mematangkan konsep. Bagi yang terpilih sebagai Top 3 di DSC Weekend, mendapatkan kesempatan mendapat golden ticket menuju national selection

Baca juga: Peluang dan Persaingan Wirausaha Perempuan dalam Ekonomi Digital

Melalui sesi coaching bisnis dan bedah proposal ide bisnis yang disiarkan secara live streaming, menjadi kesempatan emas bagi masyarakat luas sebagai langkah awal dalam mencoba mengembangkan ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif, untuk lebih siap menjadi wirausaha sukses dan tangguh.

Selain DSC Weekend yang telah digelar di Surabaya, Semarang, Bandung, Jakarta dan Makassar, terdapat juga DSC Mini Event yang masih dalam rangkaian roadshow DSC. Format yang digelar dalam bentuk webinar dengan mengundang para pebisnis muda inspiratif setempat alias local heroes, atau alumni program DSC.

DSC Mini Event pun telah menjangkau beberapa kota seperti Ngawi, Sidoarjo, Solo dan Palembang.  Seluruh materi DSC Mini event seputar literasi dan pengembangan wirausaha yang disajikan melalui format live streaming dan mendapatkan atensi yang luar biasa dari masyarakat. DSC Weekend dan DSC Mini Event pun masih melanjutkan rangkaian roadshow. Diantaranya DSC Weekend #7 pada 11 & 12 September di kota Malang.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 20, 2021, 8:24 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.