Mengapa Mengelola Finansial  itu Sangat Penting?

Mengapa Mengelola Finansial itu Sangat Penting?

Banyak orang rela melakukan apapun untuk mendapatkan uang. Kerja keras bahkan sampai rela melakukan lembur hanya untuk mendapat sejumlah uang sesuai yang diinginkan. Soalnya, soalnya kita hidup membutuhkan uang, uang ini sudah berperan penting dalam kehidupan manusia.

Untuk mendapatkan uang setiap orang rela melakukan berbagai hal. Namun, ketika datang saat menerima gaji, banyak orang malah merasa tergoda untuk membelanjakan semuanya, tanpa mikir dua kali. Tiba di pertengahan bulan, mulai sadar uang yang ada sangat cepat berkurang. Hal itu terjadi terus berulang setiap bulan.

Memang masih banyak orang yang belum juga paham dan menyadari pentingnya mengatur keuangan. Sekeras apapun Anda bekerja untuk mendapatkan uang, bila tidak dikelola secara benar maka akan sia-sia saja. Istilahnya easy come easy go.

Baca juga: Masyarakat Perlu Mengubah Cara Pandang Pengelolaan Keuangan

Mengelola keuangan itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Mengatur keuangan bukan hanya perkara mencatat pemasukan dan pengeluaran saja. Anda juga harus belajar bagaimana menyeimbangkan keduanya.

Mengapa mengelola keuangan itu penting? Jelas bahwa mengelola keuangan adalah hal yang sangat penting. Semakin dini Anda mulai mengatur keuangan, maka hidup Anda akan semakin baik di saat ini atau di masa mendatang. Berikut ini tiga alasa mengapa mengelola keuangan itu menjadi sangat penting.

1. Keuangan Lebih Tertata

Salah satu hal penting dalam mengelola keuangan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran dalam pos-pos keuangan. Tujuannya agar uang yang didapat lebih terarah dan tertata sehingga mudah dalam mengambil keputusan.

Semua orang pasti menyadari bahwa menghasilkan uang jauh lebih sulit dibandingkan menghabiskannya. Oleh karena itu jika Anda mengatur keuangan sejak saat ini, maka Anda bisa tahu apa saja hal yang kamu butuhkan dan hal apa saja yang tidak penting.

Baca juga: 6 Langkah Jitu Mencapai Tujuan Finansial

Dengan pengelolaan keuangan yang baik akan sangat membantu untuk mengidentifikasi kesalahan finansial yang Anda lakukan selama ini. Anda pasti akan menyadari setelah membuatnya, bahwa selama ini banyak sekali kesalahan dalam keuangan.

Semua itu akan akan membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan uang sehingga tercipta keuangan yang seimbang. Anda akan lebih mendahulukan kewajiban dan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan yang sifatnya konsumtif.

2. Menurunkan Stress

Keuangan yang tidak dikelola dengan baik, pasti akan menimbulkan stres yang berulang. Mengapa? Hal ini terjadi karena Anda tidak membiasakan mengatur dan mengelola keuangan. Kesulitan keuangan akan kerap terjadi karena tidak adanya panduan dalam pengeluaran.

Membiasakan mengatur keuangan sejak dini kemungkinan kehidupan Anda ke depannya tidak berantakan. Dalam pengelolaan keuangan ada pos yang dinamakan dana darurat. Adanya dana darurat ini, Anda bisa terhindar dari utang.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Penting Mengatur Keuangan

Mengapa dana darurat ini penting? Tidak ada satu orang pun yang bisa memprediksi masa depan. Dana darurat itu diibaratkan ‘sedia paying sebelum hujan’. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda dapat menyediakan dana darurat untuk keperluan mendesak.

3. Mewujudkan Tujuan Hidup

Setiap orang, termasuk Anda tentu saja memiliki impian atau tujuan hidup di masa depan. Misalnya tujuan hidupmu adalah menikmati masa pensiun dengan kebebasan finanasial. Untuk mencapainya, Anda harus mengelola keuangan sejak muda dengan memiliki dana pensiun.

Saat menetapkan tujuan hidup, pastikan memasukkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya, tujuan jangka pendek adalah menabung untuk membeli kendaraan. Sementara tujuan jangka panjang adalah menabung untuk dana pensiun.

Dengan pengelolaan yang baik, sangat mungkin untuk menjalankan tujuan jangka pendek dan jangka panjang sekaligus. Faktanya, kedua hal ini akan memberi ketenangan pikiran dan membantu membuat keputusan dalam menghabiskan sisa uang tanpa khawatir.

Baca juga: Bagaimana Cara Pengelolaan Keuangan Menjelang Pensiun?

Manulife Asia Care Survey menunjukkan masyarakat Indonesia memiliki minat yang tinggi terhadap perlindungan kesehatan dan perencanaan pensiun selama pandemi. Sebanyak 88 persen responden Indonesia menyatakan, sejak Covid-19, perencanaan masa pensiun kini dipandang semakin penting. Angka ini sangat tinggi dan berada jauh di atas rata-rata Asia yang berada pada tingkat 73 persen.

Minat tinggi terhadap perencanaan masa pensiun ini mencerminkan kekhawatiran yang dirasakan 40 persen responden terhadap kemungkinan menurunnya kesejahteraan akibat Covid-19. Minat ini juga mencerminkan ketertarikan mereka terhadap perencanaan keuangan sebagai jalan menuju kemapanan finansial di tengah situasi yang tidak menentu.

“Di Indonesia, kami melihat minat yang tinggi terhadap perlindungan kesehatan dan perencanaan pensiun selama pandemi. Kami memahami di tengah situasi yang menantang ini, masyarakat ingin dapat lebih mengendalikan kondisi kesehatan serta kemapanan finansialnya,” ungkap Ryan Charland, Presiden Direktur & CEO Manulife Indonesia.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 14, 2021, 9:42 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.