Hati-hati Modus Jebakan Monkey Business

Hati-hati Modus Jebakan Monkey Business

Pernah mendengar istilah monkey business? Bagi Anda belom mengetahuinya, istilah monkey business atau bisnis monyet ini digambarkan sebagai sebuah strategi bisnis yang mengacu pada sifat kera yang ketika mendapatkan makanan akan langsung lari atau kabur. 

Cara ini biasanya digunakan oleh pihak yang menjalankan investasi bodong. Orang akan diiming-imingi dengan fasilitas dan keuntungan yang menggiurkan untuk menarik minat yang pada akhirnya berujung pada penipuan.

Baca juga: Waspada Aksi Tipu-tipu Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi

Untuk memperjelasnya, ada sebuah cerita singkat yang cukup terkenal untuk menggambarkan apa itu monkey business. Begini ceritanya:

Alkisah, di sebuah desa banyak sekali monyet yang dianggap sebagai perusak dan satu per satu monyet diburu oleh warganya. Suatu ketika datanglah seorang pengusaha kaya raya bersama asistennya ke kampung tersebut.

Pengusaha dan asistennya mengatakan sedang membutuhkan banyak monyet untuk alasan penelitian. Kepada warga desa, pengusaha itu akan membayar seharga Rp50 ribu untuk setiap monyet yang ditangkap.

Sontak saja warga desa berlomba-lomba menangkap monyet sebanyak-banyaknya untuk dijual. Sayangnya, monyet-monyet di desa itu pun perlahan mulai sedikit dan semakin suli dicari. Pengusaha itu pun kemudian kembali menawarkan harga lebih mahal untuk setiap monyet yang ditangkap sebesar Rp100 ribu.

Warga mulai kesulitan mencari monyet-monyet di desa itu. Kemudian warga kembali dimingi-imingi harga lebih tinggi hingga Rp500 ribu per ekornya. Namun, warga desa itu tetap mengalami kesulitan mencari monyet.

Suatu ketika, pengusaha itu pergi untuk urusan bisnis dan menyerahkan jual beli monyet kepada asistennya. Setelah pengusaha pergi, si asisten mengatakan kepada warga desa, bahwa monyet-monyet yang sudah ditangkap dan dikurung akan dijual seharga Rp350.000 per ekor.

Si asisten memberi iming-iming, monyet-monyet yang dibeli warga nantinya bisa dijual kembali ke pengusaha seharga Rp500.000. Dibenak warga, mereka akan mendapatkan keuntungan sebesar RP15 ribu per ekonya.

Si pengusaha dan asistennya mendapatkan keuntungan besar dari hasil menjual monyet. Sedangkan warga desa rugi besar, tertipu membeli monyet yang mereka tangkap sendiri dengan harga yang lebih mahal. 

Baca juga: Masih Marak, Waspada Modus Investasi Skema Ponzi

Itulah gambaran dari strategi monkey business. Pebisnis kabur dengan membawa keuntungan yang telah didapat dari korbannya. Strategi bisnis ini kerap dijadikan modus penipuan investasi ilegal atau arisan bodong yang merugikan anggotanya.

Dalam arisan bodong, anggotanya akan merasakan keuntungan yang berlipat dalam periode tertentu. Di periode berikutnya, anggota akan diminta untuk meningkatkan jumlah uang yang disetorkan dalam arisan bodong tersebut.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 13, 2021, 8:43 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.