Standard Chartered Luncurkan S2B Pay Sebagai Solusi Penagihan Dana Digital

Standard Chartered Luncurkan S2B Pay Sebagai Solusi Penagihan Dana Digital

Standard Chartered Bank Indonesia meluncurkan Straight2Bank Pay atau S2B Pay sebagai gerbang digital global tunggal bagi perusahaan di Indonesia untuk melakukan penagihan dana dengan berbagai metode.

S2B Pay juga mendukung perdagangan digital lintas batas di seluruh saluran penjualan perusahaan, termasuk penjualan online (e-commerce), penjualan melalui aplikasi seluler (m-commerce), pembayaran secara digital saat pengiriman atau di dalam toko, tautan pembayaran, penyajian tagihan, dan penagihan berbasis faktur.

Peluncuran S2B Pay di Indonesia juga sejalan dengan salah satu inisiatif utama Bank Indonesia yang tertuang dalam Cetak Biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025. Hal ini juga sejalan dengan upaya Bank Indonesia untuk mendorong transformasi digital di industri perbankan untuk menopang peran bank sebagai institusi utama dalam ekonomi digital melalui penerapan solusi digital.

Baca juga: Menangkap Peluang Investasi Mega Tren Ekonomi Digital dan Teknologi

Melalui konektivitas langsung ke skema pembayaran instan di seluruh negara tempat Standard Chartered beroperasi, bersama dengan kemitraan dengan penyedia layanan pembayaran terkemuka dan pemain teknologi finansial, Standard Chartered melayani kebutuhan pengoleksian dana digital yang efisien bagi perusahaan.

Para nasabah korporasi sekarang dapat mengandalkan Standard Chartered sebagai penyedia tunggal layanan penagihan dana mereka. Ini berarti mereka tidak perlu lagi membuat beberapa koneksi teknis, membuka banyak akun, menegosiasikan banyak kontrak atau melakukan uji tuntas pada banyak mitra, sehingga efisiensi operasional dan penghematan biaya perusahaan perusahaan dapat dicapai.

Straight2Bank Pay atau S2B Pay juga membantu perusahaan Indonesia dengan menawarkan:

• Solusi tunggal untuk penagihan dana secara omni-channel yang mencakup berbagai metode pembayaran (termasuk pembayaran instan, e-wallet, transfer bank, kartu) di berbagai negara.

• Periode penyelesaian (settlement) yang lebih singkat melalui pembayaran instan dan pengurangan risiko operasional dan eksekusi, karena layanan dijalankan oleh bank.

• Pelaporan standar dengan rekonsiliasi otomatis melalui laporan mutasi bank.

• Jangkauan yang lebih luas sehingga memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan penjualan online demi meningkatkan pertumbuhan penjualan mereka dengan memperluas jangkauan mereka ke semua kota di Indonesia, serta ke negara lain. Saat ini, S2B Pay melayani 13 negara di seluruh Asia.

Baca juga: Himbara Dukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Haryanto Suganda selaku Manging Director and Head of CCIB Client Coverage, Indonesia, Standard Chartered mengatakan, seiring dengan meningkatnya keinginan nasabah korporasi pihaknya yang ingin memanfaatkan peluang ekonomi digital Indonesia dan ingin menjadi mitra terpercaya dalam proses pertumbuhan mereka. Salah satunya adalah melalui S2B Pay yang menawarkan dukungan proses penagihan dana secara digital dengan lancar.

“Dengan kehadiran Standard Chartered yang luas di beberapa negara paling dinamis di dunia, kami berada di posisi strategis untuk memainkan peran sebagai bank penghubung bagi para nasabah kami, dan memungkinkan mereka untuk sukses mengelola arus kas selagi mereka memperluas kehadiran mereka di ranah daring,” katanya.

Baca juga: 60 Persen Orang Indonesia Beralih ke Transaksi Digital Non Tunai

S2B Pay didukung oleh Espay dari PT Pembayaran Lintas Usaha Sukses (PLUS) sebagai salah satu online payment gateway terkemuka di Indonesia yang menawarkan fitur lengkap. Espay mendukung S2B Pay dengan memberikan solusi untuk memfasilitasi bisnis melalui identifikasi penagihan pembayaran dan berbagai saluran pembayaran, untuk menawarkan kemudahan bagi nasabah Standard Chartered dalam melakukan penagihan penjualan melalui S2B Pay.

Melalui proses host-to-host yang otomatis dan terintegrasi antara Espay dan S2B Pay, perusahaan-perusahaan Indonesia kini dapat mengandalkan Standard Chartered sebagai penyedia layanan penagihan dana “one-stop-shop” yang akan membantu mereka meningkatkan efisiensi operasional dan penghematan biaya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 9, 2021, 8:46 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.