Marak Phishing, Kenali Jenis dan Cara Mengatasinya

Marak Phishing, Kenali Jenis dan Cara Mengatasinya

Sudah pernah dengar penipuan dengan modus phishing? Bagi yang belum tahu, phishing atau pengelabuan digital merupakan salah satu bentuk cybercrime yang bertujuan untuk mendapatkan informasi atau data seseorang dengan cara tindakan pengelabuan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putih Djarot mengimbau agar masyarakat berhati-hati dengan tidak pernah memberitahukan password atau kode OTP kepada pihak manapun untuk mencegah phishing.

“Jangan pernah menginfokan password dan OTP kepada pihak manapun karena phishing adalah modus kejahatan di era keuangan digital yang kerap terjadi tanpa disadari korbannya. Meningkatkan literasi digital merupakan modal proteksi utama konsumen agar terhindar dari risiko kejahatan keuangan secara digital,” imbaunya.

Baca juga: Hati-hati Modus Penipuan Lelang Online di Medsos

Data yang diperoleh biasanya akan digunakan untuk melakukan kejahatan, seperti peretasan akun untuk mendapatkan keuntungan. Agar terhindar dari kejahatan phishing, yuk kenali jenis dan cara mengatasinya agar Anda tidak menjadi korban penipuan ini.

Jenis-jenis Phishing

Phishing punya banyak jenis dan cara untuk menjerat korbannya. Untuk lebih mengenal tindakan phising, mari pelajari jenis phising yang paling banyak ditemui saat ini.

1. Phishing E-mail

Phishing atau pengelabuan digital ini dapat berupa replika e-mail yang terlihat sah dari sebuah lembaga atau institusi remi yang dapat dikrim langsung kepada seseorang atau secara masih.

2. Phishing Web Palsu

Phishing web palsu dilakukan oleh pelaku kejahatan dengan memalsukan domain website sebuah organisasi atau perusahaan.

Baca juga: Hati-hati, Pembobolan Rekening Lewat Kode OTP Meningkat

3. Phishing Hotspot WiFi

Nah ini yang harus diwaspadai apabila menggunakan WiFi gratis. Pelaku biasanya memasang titik-titik akses yang disamarkan sebagai WiFi untuk memperoleh data.

4. Phishing SMS (Smishing)

Smishing atau SMS phishing adalah penipuan yang dilakukan melalui pesan singkat atau SMS. Pelaku akan mengrimkan pesan singkat dengan mengatasnamakan pihat tertentu. Biasanya pesan singkat ini dilengkapi dengan sebuah link website yang berisi malware atau mengarahkan ke website buatan pelaku.

5. Phishing Telepon (Vhishing)

Vhishing atau voice phishing adalah bentuk penipuan melalui telepon. Pelaku menghubungi nomor telepon untuk meminta data dan informasi secara langsung. Biasanya menyamar sebagai curtomer service sebuah perusahaan.  

Baca juga: Waspada Modus Penipuan Fintech Lending Ilegal

Cara Mengatasinya

Agar terhindar dari aksi kejahatan phishing atau pengelabuan digital, berikut beberapa tips atau cara mengatasinya:

1. Jangan mengklik link yang dikirimkan melalu SMS atau e-mail tidak dikenal.

2. Pastikan hanya mengunjungi alamat situs yang resmi.

3. Jangan pernah memberikan username, password, ­atau kode OTP kepada siapapun, termasuk pihaj yang mengaku bank atau lembaga jasa keuangan.

4. Jangan menggunakan akses WiFi untuk bertransaksi keuangan.

5. Aktifkan pengaman tambahan seperti Two-Factor Aunthentication yang telah disediakan oleh platform yang Anda gunakan.

6. Lakukan konfirmasi kepada call center resmi lembaga terkait jika ada transaksi mencurigakan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 3, 2021, 9:36 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.