BNI Luncurkan Platform Transaksi Valas Berbasis Web BNIFX

BNI Luncurkan Platform Transaksi Valas Berbasis Web BNIFX

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan web untuk transaksi valuta asing atau valas bernama BNIFX. Peluncuran BNIFX ini didasari oleh kebutuhan nasabah dalam mendapatkan kemudahan dan kenyamanan transaksi valas.

Sejak pandemi Covid-19, terjadi pergeseran pola perilaku nasabah dalam melakukan transaksi. Ditambah lagi dengan adanya pembatasan aktivitas selama pandemi, memberikan tantangan baru bagi dunia perbankan untuk mengupayakan percepatan proses digitalisasi transaksi perbankan pada 2021 ini. 

Kondisi tersebut mengakibatkan pergeseran perilaku transaksi nasabah yang terlihat dari data transaksi digital banking yang melonjak signifikan selama pandemi Covid-19. Berdasarkan survei IDX Channel, data volume transaksi digital banking pada bank-bank di Indonesia selama pandemi telah melonjak tinggi sebesar 41,53 persen.

Baca juga: Bank BNI Catat Laba Bersih 12,8 Persen di Semester I 2021

Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan mengatakan, BNI mempercepat transformasi digital yang akan membuat layanan menjadi semakin cepat, ringkas, dan aman. Salah satu kebijakan strategisnya adalah meningkatkan digital capability dalam memenuhi kebutuhan nasabah. 

BNI akan selalu membuat produk-produk BNI yang lebih inovatif dan customer centric sehingga relevan dengan kebutuhan nasabah. Salah satu inovasi layanan digital BNI adalah BNIFX,  platform digital berbasis web yang dapat diakses melalui jaringan internet oleh nasabah korporasi untuk melakukan transaksi valuta asing.

Direktur IT dan Operasi YB Hariantono menekankan, cashless transaction menjadi sesuatu yang umum untuk menurunkan interaksi pada era pandemi. Di mana 98 persen transaksi dilakukan secara elektronik atau digital. Saat ini, BNI terus melakukan transformasi bisnis, dimana pandemi telah mempercepat penerimaan kita dalam melakukan inovasi terhadap pelayanan digital.

Baca juga: Serba Serbi Bank Digital yang Wajib Diketahui

Pengembangan digitalisasi di BNI dilakukan terhadap tiga area, yaitu, proses pengembangan produk dan layanan BNI, digitalisasi platform layanan nasabah, serta digitalisasi ekosistem melalui kolaborasi dengan channel digital yang lain.

Platform BNIFX mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi valas melalui sistem. BNIFX berbasis web, ke depannya akan diarahkan pada inovasi berbasis aplikasi mobile. Layanan digital BNIFX yang terintegrasi dengan BNI Direct ini membuat transaksi valas lebih cepat, tepat, dan aman untuk nasabah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 30, 2021, 8:53 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.