Tingkatkan Bisnis UMKM Ritel, GoTo Financial Luncurkan KONTAG

Tingkatkan Bisnis UMKM Ritel, GoTo Financial Luncurkan KONTAG

GoTo Financial memperkenalkan solusi terbaru untuk pengembangan kompetensi UMKM non-kuliner, yaitu Komunitas Retail GoTo Financial  atau KONTAG. Inisiatif ini khusus ditujukan kepada mitra usaha kecil menengah dari berbagai industri mulai dari industri fashion, handicraft, penyedia jasa kecantikan, hingga pedagang eceran.

KONTAG menaungi mitra usaha gabungan Moka dan GoStore, Midtrans, Selly, serta GoSend dan GoShop. Komunitas ini merupakan bagian dari inisiatif Akademi Mitra Usaha (KAMUS) yang telah melatih lebih dari 50.000 UMKM di seluruh Indonesia selama tahun 2021.

CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial Andre Soelistyo menjelaskan, sebagai bagian dari ekosistem GoTo Financial, UMKM ritel bisa mendapatkan akses tidak hanya ke solusi teknologi tetapi juga menjadi bagian dari komunitas mitra usaha yang memiliki akses kepada berbagai pelatihan untuk meningkatkan peluang bisnis mereka.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan, GoTo Group Andalkan Google Cloud

“Tidak berhenti di pengusaha kuliner dan penjual marketplace, kami juga mendukung pelaku berbagai bidang usaha lainnya, dari penyedia jasa kecantikan, bengkel, pedagang eceran, hingga industri fashion serta handicraft agar kita semua bisa bangkit bersama, terutama di masa pandemi ini,” katanya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada GoTo Financial dalam memberdayakan UMKM dan menyukseskan program pemerintah. Adanya pandemi membuat UMKM menjadi pihak yang terpukul paling telak.

Dari data Pemerintah, ada beberapa permasalahan yang dihadapi UMKM dari mulai penurunan daya beli masyarakat, hambatan distribusi, hingga hambatan pada produksi akibat adanya pembatasan mobilitas yang diberlakukan pemerintah. Untuk mendorong kemajuan UMKM, kolaborasi dan sinergi antarpihak sangat diperlukan terutama dalam mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Mencapai Financial Freedom dengan Perencanaan Keuangan Tepat

Sebelum pandemi, Gojek dan Kemendag telah menandatangani MoU untuk digitalisasi UMKM di pasar tradisional, dan berharap upaya digitalisasi UMKM ini terus menjadi komitmen dari Gojek dan GoTo Financial kedepannya. “Kami menyampaikan dukungan dan apresiasi kepada GoTo Financial dalam  upayanya untuk menyukseskan program pemerintah,” ucapnya.

Kehadiran GoTo Financial memberi peluang bagi pelaku bisnis ritel terutama UMKM untuk berkembang melalui solusi digital yang ditawarkan. Solusi ini diharapkan bisa menjadi satu sistem yang bisa menyelesaikan setidaknya beberapa permasalahan yang tadi disebutkan.

Head of Merchant Platform Business GoTo Financial Novi Tandjung menjelaskan, melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), pihaknya telah melihat dan membuktikan pentingnya kehadiran komunitas dan pelatihan untuk membantu mereka mengembangkan usahanya.

Baca juga: Laporan WFDSA: Penjualan Langsung Tetap Meningkat di Masa Pandemi

“Hal ini salah satunya ditunjukkan oleh 80 persen peserta komunitas yang merasa materi yang diberikan bermanfaat untuk berjalannya bisnis mereka terutama di masa pandemi. Maka melalui KONTAG, kami ingin semakin memperluas manfaat ini dengan merangkul berbagai lini pelaku usaha yang tidak hanya terbatas pada sektor kuliner,” jelasnya.

KONTAG menghadirkan dua elemen penting dalam pengembangan usaha yang diharapkan dapat membekali pelaku usaha dengan kompetensi yang lebih mumpuni, yaitu pendampingan melalui Bimbingan Merchant dan wadah saling berbagi melalui Tamu Merchant.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 26, 2021, 9:58 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.