Mencapai Financial Freedom dengan Perencanaan Keuangan Tepat

Mencapai Financial Freedom dengan Perencanaan Keuangan Tepat

Beradaptasi dengan situasi dan kebutuhan yang cenderung berubah dari waktu ke waktu seperti sekarang ini memang membutuhkan perencanaan keuangan yang tepat. Untuk membuat perencanaan keuangan yang bersifat adaptif, tentu perlu juga untuk melakukan evaluasi minimal satu kali setiap tahun.

Siklus perencanan keuangan terdiri dari penentuan tujuan perencanaan; mengevaluasi kondisi terkini, termasuk apa saja kebutuhan dan situasi yang dihadapi; membuat perencanaan keuangan; mengimplementasikan perencanaan keuangan dan mengevaluasi perencanaan sesuai dengan jangka waktu tertentu.

Untuk mencapai financial freedom, perlu melalui tahapan piramida, dimana tahapan paling penting dari bawah adalah perlunya memenuhi kebutuhan dasar, perlindungan atau proteksi dan memiliki dana darurat.

Baca juga: Rincian Perubahan Suku Bunga Deposito Bank Mandiri

Selanjutnya, baru dapat naik ke tahap berikutnya untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan, pensiunan dan warisan. Apabila kedua tahap telah terpenuhi maka seseorang dapat melakukan investasi. Berikut ini urutan untuk mencapai financial freedom:

1.  Financial Stability

Minimal bisa memenuhi kebutuhan dasar, serta terbebas dari hutang dan memiliki dana darurat yang jumlahnya sekitar 3-6 bulan penghasilan.

2. Financial Independency

Mulai melihat dana yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan lain, seperti dana pensiun dan dana untuk warisan.

3. Financial Freedom

Tahap dimana ketika seseorang mengingin sesuatu dan sudah tidak perlu memikirkan darimana mendapatkan uangnya, sehingga dapat memiliki keinginan tersebut tanpa harus berhutang.

Baca juga: Mengenal Beda Mata Uang Tradisional dan Mata Uang Kripto

Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia Meta Lakhsmi Permata Dewi mengatakan, apabila sudah membangun pondasi kokoh dari piramida tersebut, sudah menentukan tujuan, jangka waktu dan profil risiko dalam melakukan investasi, maka Anda harus melengkapi perlindungan perencanaan keuangan, yang salah satunya dapat diperoleh dari produk asuransi.

“Yang paling penting adalah ‘Lakukan Sekarang’ untuk mencapai financial freedom. Oleh karena itu, Allianz senantiasa memberikan edukasi mengenai perencanaan keuangan, me-review perlindungan asuransi yang dimiliki dan kiat mencapai financial freedom sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah.” tutup Meta dalam webinar series yang digelar oleh Allianz Indonesia.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 26, 2021, 9:33 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.