Riset Digibank: Milenial Ingin Pengeluaran Kartu Kredit Terkendali

Riset Digibank: Milenial Ingin Pengeluaran Kartu Kredit Terkendali

Di masa teknologi digital ini, semua prang mengingnkan gaya hidup yang serba cepat, praktis, dan aman. Bagi generasi milenial, semua itu menjadi hal yang penting dalam bertransaksi yang diakses melalui aplikasi digital dalam smartphone.

Selain itu, pandemi Covid-19 yang melanda, banyak mengubah perilaku masyarakat dalam berinteraksi dan bertransaksi. Mereka membutuhkan layanan yang efesien secara waktu tanpa harus ada kontak fisik.

Digital menjadi pilihan utama di masa pandemi ini. Berbagai aktivitas mulai dilakukan secara daring seperti bekerja, sekolah, konsultasi kesehatan, menikmati hiburan hingga berbelanja. Sebanyak 30 persen orang telah meningkatkan pengeluaran online untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Apa Perbedaan Reksa Dana dan Saham?

Kedua hal di atas nyatanya juga turut memengaruhi kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi dan mengelola keuangan, di mana selama pandemi ini 63 persen dari mereka mulai memakai aplikasi perbankan digital.

Khusus terkait dengan produk kartu kredit, menurut riset digibank Usability Test Finding tahun 2019, masyarakat ingin mengetahui lebih cepat mengenai informasi approval terkait aplikasi kartu kredit yang tengah diajukan serta limit yang diberikan.

Data tersebut menegaskan bahwa milenial menginginkan adanya efisiensi, transparansi dan kepastian yang cepat saat mengajukan aplikasi kartu kredit. Dalam hal pengelolaan kartu kredit, generasi milenial berharap mereka dapat mengendalikan pengeluarannya secara maksimal.

Baca juga: Rincian Perubahan Suku Bunga Deposito Bank Mandiri

Riset digibank Usability Test Finding tahun 2019 mengungkapkan fakta lainnya, di mana milenial menginginkan adanya kontrol terhadap pengeluaran mereka, serta pengaturan cash flow yang baik agar tetap dapat membayar tagihan dan cicilan tepat waktu. Fakta menarik lainnya adalah mereka semakin mengutamakan gaya hidup berkelanjutan.

Hasil survei dari Komunitas Zero Waste Indonesia menyatakan bahwa lebih dari 50 persen generasi milenial saat ini merasa bertanggung jawab atas lingkungan, salah satunya dengan meminimalisir penggunaan barang yang berlebihan, memilih produk yang dapat didaur ulang, dan mengurangi penggunaan kertas untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan yang lebih baik.

Head of Card Business PT Bank DBS Indonesia Ari Lastina mengatakan, sebagai bagian dari Bank DBS Indonesia yang digerakkan oleh tujuan positif (purpose-driven bank), digibank by DBS menghadirkan solusi multiguna untuk menjawab seluruh kebutuhan masyarakat. 

Baca juga: Aturan Perjalanan Domestik Menurut Inmendagri 34

“Dalam hal memberikan efisiensi waktu, kami menyempurnakan customer journey dengan proses persetujuan kartu kredit serta limit yang diberikan dalam waktu 60 detik,” ucapnya dalam keterang resmi yang diterima Duitologi.

Perkembangan teknologi digital di kalangan milenial saat ini membutuhkan solusi dari kehadiran aplikasi digital yang cepat, efisien, dan berkelanjutan. Dengan perkembangan fitur kartu kredit yang semakin canggih, milenial dapat meningkatkan efisiensi waktu mereka dan terbantu untuk mengelola keuangan mereka dimana semua dapat di akses secara real-time melalui aplikasi digital. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 19, 2021, 7:27 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.