Mengenal Mal-mal Tertua dan Terbesar di Wilayah PPKM

Mengenal Mal-mal Tertua dan Terbesar di Wilayah PPKM

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 yang berlaku sampau 16 Agustus 2021 membuat sedikit napas lega bagi pelaku usaha di mal. Pusat perbelanjaan kembali dibuka secara bertahap dengan aturan dan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini tentunya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun, kali ini pemerintah mencoba beberapa uji coba peraturan baru seperti membuka kembali mal di empat kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. 

Tentunya uji coba ini dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat. Mal hanya boleh dibuka dengan kapasitas 25 persen. Pengunjung yang boleh mengunjungi mal adalah mereka yang berusia 12-69 tahun dan perlu menunjukkan kartu vaksinasi.

Baca juga: Lima Wishlist Destinasi Wisata Alam Jika PPKM Level 4 Dilonggarkan

Bayangkan, dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, Anda bisa kembali lagi merasakan hiburan di mal yang mungkin sudah lama mungkin Anda rindukan. Anda bahkan bisa mengombinasikan staycation dan menjadikan mal sebagai tempat wisata atau hiburan sementara di kala penat saat masa PPKM dengan aman dan nyaman.

Saat ini sudah ada penginapan atau akomodasi yang nyaman untuk dijadikan tempat staycation yang lengkap dengan fasilitas yang bisa menghibur Anda. Namun, sebelum benar-benar kembali menikmati suasana mal, ayo kita segarkan tentang beberapa mal tertua dan terbesar dan menarik di beberapa kota di Indonesia.

1. Mal Pakuwon Surabaya

Mal yang terletak di ibu kota Jawa Timur ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Bagaimana tidak? Mal ini mempunyai luas area sewa efektif sebesar 200.000 meter persegi. Bangunan ini berdiri pada 2003 yang didesain langsung oleh arsitektur kelas dunia, DP Architect Singapore hingga akhirnya resmi dibuka pada tahun 2017.

2. Sarinah Jakarta

Sarinah merupakan mal tertua di Indonesia yang diresmikan tahun 1966 oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Selain menjadi pusat perbelanjaan pertama, Sarinah juga menjadi gedung pencakar langit pertama di Indonesia.

Baca juga: Layanan Pesan Antar Makanan Lebih Disukai Keluarga Selama Pandemi

Mal ini terletak di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Lokasinya benar-benar strategis di pusat Jakarta. Namun saat ini, Sarinah masih belum bisa dikunjungi karena dalam proses renovasi yang ditargetkan akan selesai pada November 2021.

3. Summarecon Kelapa Gading Jakarta