Lagi, PPKM Level 4 Jawa Bali Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

Lagi, PPKM Level 4 Jawa Bali Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

Pemerintah kembali mengambil keputusan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, 2 untuk wilayah Jawa dan Bali. Langkah perpanjangan PPKM tersebut efektif berlaku mulai 10-16 Agustus 2021.

Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. “Atas arahan Presiden Republik Indonesia maka PPKM Level 4 hingga 3 dan 2 Jawa Bali akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021,” kata Luhut dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

Luhut memaparkan, penerapan perpanjangan PPKM Level 4, 3, 2 yang dilakukan sejak 2-9 Agustus 2021 di Jawa dan Bali menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan,. Dari data yang didapat penurunan telah terjadi hingga 59,6 persen dari puncak kasus pada 15 Juli 2021.

Baca juga: BPS: Ekonomi Indonesia Triwulan II 2021 Tumbuh 7,07 Persen

“Momentum yang sudah baik ini harus terus dijaga. Untuk itu atas arahan Presiden Republik Indonesia, maka PPKM Level 4, 3, 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021,” paparnya.

Terkait keputusan ini akan dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) secara lebih detail. Dalam proses detail ini pun pemerintah telah berkomunikasi dengan berbagai pihak misalnya asosiasi mal, perindustrian, dan sebagainya sehingga detail-detail pelaksanaan ini sudah disiapkan dengan baik oleh berbagai asosiasi.

Panurunan Kasus

Selanjutnya, penurunan kasus dan perawatan rumah sakit terjadi di sejumlah aglomerasi di Jawa Bali, kecuali di wilayah Malang Raya dan Bali. Untuk itu, pemerintah akan melakukan intervensi di kedua wilayah ini untuk menurunkan laju penambahan kasus.

Baca juga: Tiga Peran Investor Ritel dalam Pasar Keuangan Indonesia

Selain jumlah kasus, pemerintah juga melihat laju kematian di Jawa Bali semakin menurun meskipun kondisinya masih dikatakan fluktuatif di masing-masing provinsi. Pemerintah juga sangat mewaspadai mobilitas masyarakat yang tercermin kenaikan indeks komposit pasca 26 Juli terhadap kenaikan kasus konfirmasi ke depannya.

“Hari ini tentunya kami akan memantau sampai minggu depan mengingat adanya jeda 14 sampai 21 hari dari indeks komposit terhadap penambahan kasus,” tegas Luhut dalam paparannya.

Dalam penerapan PPKM level 4 dan 3 yang dilakukan pada 10-16 Agustus 2021, terdapat 26 kota atau kabupaten yang turun dari level 4 ke level 3. Hal ini menunjukkan perbaikan kondisi di lapangan yang cukup signifikan. Kepatuhan menggunakan masker pun telah mencapai 82 persen, meningkat 5 persen dibandingkan Februari dan Maret 2021.

Baca juga: Adaptasi Jadi Kunci Bisnis F&B untuk Tumbuh di Masa Pandemi

“Kami imbau pada kesempatan ini supaya seluruh masyarakat membudayakan untuk memakai masker karena kita akan hidup dalam bertahun-tahun ke depan dengan masker ini karena ini adalah alat di samping vaksin untuk mencegah penularan varian delta,” imbaunya.

Uji Coba Pembukaan Mal

Dalam opsi perpanjangan PPKM dilakukan mulai 10 Agustus ini terdapat dua roadmap yang memiliki penyesuaian dan diujicobakan , yakni uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan secara gradual di wilayah PPKM Level 4.

Uji coba pembukaan mal di beberapa kota ini tentunya harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. “Uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang,” ucap Luhut.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Lindungi Risiko Finansial di Masa Pandemi

Mal di empat wilayah tersebut dibuka dengan penerapan aturan kapasitas maksimal 25 persen selama sepekan ke depan. Selain itu, pengunjung yang bisa masuk mal hanya yang sudah divaksinasi dengan menunjukkan bukti vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi.

Bukan hanya itu, terkait keriteria pengunjung juga diatur, di mana anak-anak di bawah usia 12 tahun, dan lansia di atas 70 tahun dilarang untuk masuk ke dalam mal atau pusat perbelanjaan yang ada di empat kota tersebut.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 10, 2021, 5:58 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.