7 Cara Mudah Mengatur Keuangan Berpenghasilan Minim

7 Cara Mudah Mengatur Keuangan Berpenghasilan Minim

Mengatur keuangan keluarga memang harus pintar-pintar. Apalagi jika pendapatan hanya mengandalkan fixed income (gaji bulanan tetap) dengan biaya kebutuhan hidup yang sering naik turun dan sering ada pengeluaran yang tidak terduga.

Namun, pemikiran itu bisa diatasi dengan cara mengatur keuangan yang tepat agar kebutuhan sehari-hari dapat selalu terpenuhi sekaligus mempersiapkan rencana di masa depan. Apa yang harus dilakukan? Berikut ini cara mengatur keuangan rumah tangga agar segala kebutuhan bisa terpenuhi.

1. Mengevaluasi Jumlah Pemasukan

Langkah pertama adalah mengevaluasi jumlah pemasukan setiap bulannya. Untuk mengetahui apakah pemasukan yang dimiliki setiap bulannya sudah cukup menutupi kebutuhan yang lama, dan juga sebagai perkiraan berapa jumlah yang tersisa untuk dapat dialokasikan untuk hal-hal lain.

Baca juga: 4 Tips Perencanaan Keuangan bagi Orangtua Baru

2. Mengidentifikasi Keinginan dan Kebutuhan

Berikutnya adalah mengidentifikasi needs (kebutuhan) dan wants (keinginan). Jika Anda sudah mengidentifikasi keduanya, maka hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan prioritas pengeluaran setiap bulannya.

3. Mengatur Pos Pengeluaran

Setelah mengetahui prioritas pengeluaran, langkah yang harus Anda lakukan adalah menyusun pos pengeluaran. Di masa pandemi ini, banyak hal yang telah berubah menjadi kebutuhan wajib dalam daftar belanja kebutuhan, seperti maskerhand sanitizer, multivitamin, hingga desinfektan. Sementara, prioritas pos pengeluaran lain seperti pakaian dan mainan anak bisa diturunkan.

4. Perencanaan Belanja Bulanan

Cara mengatur keuangan rumah tangga berpenghasilan minim adalah dengan melakukan anggaran yang tertulis. Belanjakan uang yang dimiliki sesuai dengan rencana yang telah disusun berdasarkan prioritas tersebut. Hal ini akan membantu Anda dalam meminimalisir keinginan untuk membelanjakan barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Baca juga: Masyarakat Perlu Mengubah Cara Pandang Pengelolaan Keuangan

5. Hindari Pembelian Barang dengan Cicilan

Sebaiknya untuk mengevaluasi kembali utang-piutang yang Anda miliki. Sebisa mungkin hindari pembelian barang secara kredit atau cicilan, serta pembelian barang mewah dengan harga selangit.

6. Mengurangi Pembelian Makanan dari Luar

Cara bijak mengatur keuangan rumah tangga yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi jatah jajan di luar. Membeli bahan makanan yang dibutuhkan di supermarket dan memasaksendiri di rumah adalah salah satu cara tepat untuk menghemat pengeluaran setiap bulannya.

7. Siapkan Masa Depan dengan Investasi

Jika setelah melakukan keenam hal di atas dan kamu masih memiliki sisa gaji yang belum dialokasikan, manfaatkan uang tersebut untuk dijadikan investasi untuk masa depan. Salah satu jenis investasi yang bisa Anda pilih adalah dengan membuka tabungan investasi emas.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 2, 2021, 8:47 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.