DSC 12: Raih Peluang Sekarang dan Bikin Gebrakan

DSC 12: Raih Peluang Sekarang dan Bikin Gebrakan

Setelah diumumkan bahwa proses pendaftaran telah dibuka pada 19 Juli 2021 lalu, salah satu kompetisi wirausaha terbesar dan terdepan di Indonesia, Diplomat Success Challenge (DSC) kini secara resmi mengundang seluas-luasnya peserta dari seluruh Indonesia.

Ajang yang diinisiasi oleh Wismilak Foundation ini telah eksis selama 11 tahun dan memasuki tahun ke-12 pada tahun ini, DSC tetap konsisten membangun ekosistem wirausaha Indonesia dengan menekankan pentingnya proses pembinaan (mentorship) dan dukungan jaringan usaha yang tepat bagi para entrepreneur muda Indonesia.

Berbeda dengan gelaran tahun lalu, kick-off DSC 12 tidak dilaksanakan dengan acara seremonial dikarenakan kondisi pandemi yang tengah memburuk di beberapa kota besar di tanah air. Akan tetapi diharapkan hal ini tidak mengurangi semangat serta esensi diselenggarakannya ajang DSC 12.

Baca juga: Siapkan Ide Bisnis dan Raih Dana Hibah Rp2 MIliar di Kompetisi DSC12

Program Initiator DSC Edric Chandra mengungkapkan, Persembahan ajang kewirausahaan ini bukan hanya sebagai visi dan misi jangka panjang dari Wismilak Foundation, namun juga komitmen untuk tetap hadir menyuntikkan energi positif yang diyakini dapat membawa semangat bagi teman-teman entrepreneur yang kini tengah berjuang melewati tantangan untuk mengembangkan bisnisnya.

Diplomat Success Challenge 12

Tahun ini, DSC 12 memilih tema besar “Raih Peluang Sekarang dan Bikin Gebrakan” untuk mendorong kalangan entrepreneur tetap melahirkan gebrakan dalam berbisnis. Adapun Dewan Komisioner DSC 12 yang akan menjadi juri adalah Surjanto Yasaputera (Ketua Dewan Komisioner DSC) dan dua anggota Dewan Komisioner DSC lainnya, yakni Antarina S.F. Amir dan Helmy Yahya.

Untuk memperkuat proses seleksi, tahun ini DSC 12 tetap menghadirkan empat mentor nasional yang terdiri dari empat figur entrepreneur muda. Mereka adalah Handoko Hendroyono (Co-founder M Bloc Space dan Kebun Ide), Helga Angelina (Co-founder Burgreens), Lukman Benjamin (Founder & CEO Cretivox), dan M. Jupaka (Business Strategic Kick Avenue & Brand Director NIION).

Baca juga: Yasa Singgih: Ada 3 Kunci Utama Membangun Wirausaha

Handoko mengatakan, DSC XI tahun 2020 lalu sungguh merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Menyaksikan langsung bagaimana semangat entrepreneur muda Indonesia, tidak hanya dari Jakarta, bahkan dari kota atau daerah lain yang selama ini belum mendapat sorotan padahal berpotensi dengan kekayaan sumber daya alam maupun budayanya.

“Kita harapkan tahun ini DSC 12 dapat menjaring lebih banyak peserta, sehingga lebih banyak pula kontribusi kami untuk membangun ekosistem wirausaha yang akan semakin kuat di Indonesia,” tutur dalam konferensi pers Diplomat Success Challenge (DSC) ke 12, Senin (26/7/2021).

Hibah Modal Usaha Rp2 Miliar

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, DSC 12 akan memberikan modal usaha senilai total Rp2 miliar,yang berbentuk hibah dan bukan pinjaman, sehingga dana tidak wajib dikembalikan. Namun demikian, keistimewaan dari DSC bukan hanya hibah modal usahanya, melainkan juga pendampingannya.

Baca juga: Keenan Pearce: Kewirausahaan adalah Proses Perjalanan

Bagi peserta nantinya berhasil menjadi ide bisnis terbaik dan memperoleh modal usaha, pendampingan akan diberikan selama dua tahun agar modal usaha yang digunakan dapat lebih terukur, optimal dan menghasilkan dampak yang signifikan untuk pengembangan masing-masing bisnis yang terpilih.

Proses roadshow di gelaran DSC 12 masih akan sepenuhnya dilaksanakan secara daring dikarenakan belum stabilnya kondisi sosial masyarakat akibat pandemi. Namun demikian, DSC 12 telah menyiapkan amunisi dengan menghadirkan lebih banyak kolaborasi agar sosialiasi dan edukasi mengenai entreprenurship dapat lebih luas sampai ke target audiens dan peserta.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 27, 2021, 9:31 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.