Ini Program Komerce Usai Raih Dana Hibah dari DBS Foundation

Ini Program Komerce Usai Raih Dana Hibah dari DBS Foundation

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pendongkrak perekonomian di Indonesia dengan kontribusi yang cukup signifikan. Potensi gemilang tersebut turut menggerakkan berbagai kalangan untuk memajukan UMKM, seperti yang dilakukan oleh Komerce, wirausaha sosial yang fokus pada penyelesaian masalah pengangguran di Purbalingga, Jawa Tengah.

Komerce melatih para pemuda di desa untuk memiliki keterampilan khusus di ranah e-commerce dan menyalurkan mereka ke UMKM mitra yang membutuhkan tenaga kerja kompeten. Hingga saat ini, Komerce telah dipercaya oleh sebanyak 789 mitra UMKM di seluruh Indonesia, telah melatih lebih dari 1.300 pemuda desa, dan mendistribusikan 700 alumni ke berbagai UMKM.

Dalam upaya untuk mengembangkan jangkauannya ke lebih banyak wilayah di Indonesia, Komerce mengikuti ajang DBS Foundation Social Enterprise (SE) Grant 2020. Program dana hibah DBS Foundation ini sebagai upaya dari Bank DBS Indonesia untuk membantu para wirausaha sosial dapat mengembangkan usahanya.

Baca juga: Peluang dan Persaingan Wirausaha Perempuan dalam Ekonomi Digital

Selain itu, para wirausaha sosial menerima bimbingan dalam membangun ketahanan bisnis mereka. Setelah melalui seleksi dan bertanding dengan lebih dari 800 wirausaha sosial lainnya dari seluruh Asia, Komerce berhasil terpilih sebagai penerima dana hibah yang mewakili Indonesia di tahun 2020.

Dana hibah dari DBS Foundation tersebut akan digunakan untuk memperluas jangkauan Komerce serta mengembangkan sistem e-learning aplikasi Komerce. Dana tersebut juga telah dialokasikan untuk ekspansi ke Kecamatan Berbah, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Chief Executive Officer Komerce Nofi Bayu Darmawan mengatakan, Komerce telah melakukan pelatihan puluhan siswa dalam bidang admin marketplace dan beberapa di antara mereka telah direkrut oleh UMKM. Pihaknya juga merasa bangga menjadi bagian dari keluarga DBS

Baca juga: 5 Kunci Menjadi Wirausaha Sosial Sukses

“Harapannya, kami bisa terus memperluas jangkauan dan memberikan dampak sosial yang positif dengan melatih lebih banyak lagi pemuda di Indonesia,” jelas Bayu dalam keterangan resmi yang diterima Duitologi.

Dengan dana hibah yang diberikan oleh DBS Foundation, Komerce melakukan ekspansi dengan dua cara, yaitu membuka pusat pelatihan pemuda di desa-desa lain termasuk di Berbah dan menginisiasi Kampus Komerce, pusat edukasi online bagi para pemuda di Indonesia untuk mempelajari kurikulum pekerjaan di e-commerce, seperti customer service, copywriter, online advertiser, social media admin, content creator, marketplace admin, transaction data input, dan masih banyak lagi.

Selain mendapatkan dana hibah, Komerce juga mendapatkan pelatihan melalui program “Done in a Day”, sebuah kegiatan volunteering inisiasi Bank DBS Indonesia yang memanfaatkan teknologi untuk berbagi pengetahuan dengan para wirausaha sosial di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tidak Cukup Go Digital, CEO Baba Rafi: UMKM Harus be Digital

Dilaksanakan pada di kuartal kedua tahun ini, Komerce dimentori langsung oleh staff Bank DBS Indonesia, khususnya tim Technology and Operations (T&O), mengenai cara membangun insight yang kuat untuk mengetahui platform apa yang bisa digunakan untuk memperoleh data-data dan cara mengolahnya. Sehingga, data-data tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis. 

Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika menjelaskan, Bank DBS Indonesia berkomitmen menjalankan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, dengan menciptakan dampak sosial yang positif bagi masyarakat. Salah satunya dengan memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi para wirausaha sosial.

“Kami senang dapat berkontribusi mempercepat akselerasi bisnis mereka untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sosial serta berkontribusi positif bagi terciptanya lapangan pekerjaan. Seperti Komerce, kami berharap akan ada lebih banyak lagi wirausaha sosial yang hadir, tumbuh dan berkembang,” ujar Mona.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 26, 2021, 8:39 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.