Sepi Penyewa, Pemilik Apartemen Mewah Mulai Jual Aset

Sepi Penyewa, Pemilik Apartemen Mewah Mulai Jual Aset

Pandemi yang berkepanjangan memberi dampak serius di sektor properti apartemen. Bukan hanya  developer yang terpaksa menunda penyelesaian pembangunan apartemen, pemilik apartemen pun mulai merasakan tingkat sewa yang semakin sepi.

Bahkan, cukup banyak pemilik apartemen khususnya apartemen mewah yang akhirnya memutuskan untuk menjual asetnya. Sayangnya, daya beli untuk apartemen mewah masih sepi. Hal ini disebabkan pembeli masih mengambil langkah wait and see.  

Hal itu dikatakan oleh Head of Advisory Colliers Indonesia, Monica Koesnovagril dalam Colliers Virtual Media Briefing Q2 2021 yang digelar secara virtual pada Rabu (7/7/2021). Menurutnya, saat ini semakin banyak apartemen mewah yang ingin dijual oleh pemiliknya, khususnya di Jakarta.

Baca juga: Setahun Pandemi, Pencari Hunian Mulai Melirik Luar Jabodetabek

“Saya belum punya data passtinya, tetapi semakin ke sini semakin banyak yang jual. Itu sudah banyak permintaan dari owner untuk membantu menjualkan apartemen mereka. Tetapi karena buyer tidak ada, meskipun telah menurunkan harga jual properti. Kebayakan apartemen yang mewah,” katanya.

Diakui Monica, hingga saat ini belum ada pembeli yang cukup serius untuk membeli apartemen mewah. Bukan hanya itu, pemilik apartemen mewah pun ternyata masih belum terlampau banyak yang mau menjual asetnya.

“Sekarang ini belum ada serius buyer, masih belum ada. Yang untuk menjual second hand (apartemen mewah) belum terlampau banyak karena mereka hanya membandingkan harga aja. Jadi wait and see kondisinya,” tambahnya.

Salah satu sebab pemilik apartemen mewah ingin menjual asetnya karena memiliki apartemen mewah saat ini bisa menjadi beban. Income sewa dari apartemen nyaris tidak ada, sedangkan beban operasioal tetap harus dibayar.

Baca juga: BI Terbitkan Ketentuan Pelonggaran LTV, FTV, dan Uang Muka

Senada dengan Monica, Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto menambahkan, pemilik apartemen mewah kebayakan adalah investor yang membeli unit apartemen untuk disewakan kembali.

“Jadi apartemen mewah itu disewakan dengan harapan mendapat income dari sewa tersebut. Sementara kondisi pasar saat ini sedang lesu karena pasar apartemen saat ini tengah tertekan,” ungkapnya.

Umumnya, apartemen mewah itu berada di kawasan CBD. Namun, karena kondisi pasr apartemen kini lesu, banyak pemilik apartemen berpikir untuk menjual asetnya tersebut. “Kita sering dengar apartemen mau dijual karena memang kalau bicara segmen kelas atas itu kebanyakan pemiliknya adalah investor,” ucap Ferry.



Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 8, 2021, 10:33 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.