5 Tips Agar Selalu Aman Saat Long Stay di Masa Pandemi

5 Tips Agar Selalu Aman Saat Long Stay di Masa Pandemi

Pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan untuk melakukan Pemberlakuan Pembatasan KegiatanMasyarakat (PPKM) Darurat sebagai kebijakan penanggulangan pandemi. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang berlaku mulai 3-20 Juli 2021.

Hampir semua orang saat ini tentu merasakan kebosanan ketika harus berada di rumah terus-menerus. Terlebih PPKM Darurat diberlakukan selama lebih dari dua minggu, di mana banyak tempat-tempat umum ditutup termasuk pusat perbelanjaan.

Namun kekhawatiran akan ketidakpastian pandemi ini juga tentu membuat Anda merasa belum aman untuk keluar rumah saat ini. Long stay bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi rasa kebosanan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentunya. Simak lima tips berikut ini agar long stay Anda tetap aman dan nyaman selama masa PPKM Darurat.

Baca juga: Ini Syarat Perjalanan Dalam Negeri Selama PPKM Darurat

1. Patuhi Protokol Kesehatan

Walaupun sudah banyak dari warga Indonesia yang sudah divaksin, mungkin Anda juga termasuk, Anda harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Mulai dari memakai masker dengan anjuran memakai dua buah masker sekaligus, rajin untuk mencuci tanganmu dengan sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Mematuhi protokol kesehatan ini bukan hanya untuk melindungi Anda, tapi juga orang lain di sekitarmu terlebih mereka yang bekerja untuk melayani Anda saat Anda sedang long stay. Saat Anda ingin memilih hotel untuk long stay, Anda pastinya ingin hotel tersebut aman dan mematuhi protokol kesehatan bukan? 

2. Membawa Peralatan Sendiri

Kebanyakan hotel dan tempat penginapan memang telah menyediakan peralatan mandi di setiap kamar mandi hotel. Namun lebih baik Anda membawa peralatan mandi sendiri di tengah pandemi. Tidak perlu membawa peralatan yang banyak, cukup bawa shampoo dan sabun mandi ukuran kecil serta sikat gigi, pasta gigi ukuran kecil dan jika perlu membawa handuk sendiri dari rumah.

Baca juga: Ini Aturan Lengkap PPKM Darurat Jawa Bali

Petugas kebersihan hotel atau penginapan mungkin sudah membersihkan kamar hotel dengan teliti, namun tidak ada salahnya Anda memastikan setiap sudut kamar sudah bersih. Anda bisa membawa cairan desinfektan berukuran kecil untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh oleh orang lain. Seperti, gagang pintu, saklar lampu, remote TV dan AC, hingga kran air agar lebih bersih.

3. Hindari Kontak Fisik

Anda juga dapat menghindari atau meminimalisir kontak fisik dengan orang-orang di sekitar Anda saat sedang long stay, mulai dari proses check in, dan juga pembayaran. Anda dapat memesan dan membayar hotel atau penginapan pesananmu secara online.

4. Pastikan Kondisi Sehat

Pastikan badan Anda dalam keadaan sehat sebelum melakukan long stay. Kondisi yang sehat sangatlah penting untuk memulai long stay. Jika Anda merasa tidak enak badan atau kurang sehat, sebaiknya ditunda terlebih dahulu. Apalagi jika menunjukkan gejala yang mirip Covid-19, seperti batuk, demam, diare dan lainnya.

Baca juga: Ingat! Ini Daftar Wilayah PPKM Darurat Jawa Bali

Jaga kesehatan Anda dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta imbangi dengan istirahat yang cukup, bila perlu, jangan lupa minum vitamin, atau makan buah-buahan kaya vitamin untuk menjaga kesehatan dan juga olahraga kecil di rumah untuk menjaga kebugaran.

5. Perhatikan Sertifikat CHSE

Saat ingin menginap di hotel, jangan lupa untuk mencari tahu apakah hotel tersebut sudah mendapat sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menjamin kebersihan, kesehatan, keselamatan, untuk Anda dan kelestarian lingkungan untuk kita semua.

Itulah tadi tips-tips bagaimana Anda tetap sehat dan nyaman apabila Anda ingin merencanakan long stay di masa pandemi, terlebih saat PPKM Darurat yang sedang dilaksanakan. Jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah apabila bepergian seperti melakukan tes RT-PCR dan menyertakan sertifikat vaksinasi.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 8, 2021, 8:55 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.