3 Pertimbangan dalam Memilih Asuransi Kesehatan

3 Pertimbangan dalam Memilih Asuransi Kesehatan

Memiliki kondisi tubuh yang sehat hingga usia lanjut adalah impian setiap orang. Namun pada kenyataannya, banyak orang yang memiliki penyakit kritis mulai dari jantung, stroke, hingga kanker kini bisa menimpa orang yang masih berusia 30-an tahun.

Berkaca dari itu, selagi masih sehat dan masih muda segera miliki asuransi kesehatan. Selain karena preminya masih terjangkau, jika terjadi risiko sakit bisa mendapatkan perawatan kesehatan yang berkualitas dan optimal tanpa khawatir soal biaya.

Biaya perawatan di rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian pada polis. Hal ini tentunya akan menjaga kondisi keuangan keluarga tetap aman. Pasien dapat berkonsentrasi pada upaya penyembuhan dan anggota keluarga tetap dapat beraktivitas seperti biasa. 

Baca juga: Mengenal Jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Lantas, bagaimana mengetahui bahwa asuransi kesehatan itu tepat? Secara umum, asuransi kesehatan yang tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda pada masa mendatang. Nah, berikut ini tiga hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih asuransi kesehatan.

1. Memiliki Risiko Penyakit Kritis dalam Keluarga

JIka dalam keluarga besar Anda seperti orangtua, atau saudara kandung memiliki riwayat penyakit kritis seperti kanker atau diabetes maka Anda bisa mengambil asuransi kesehatan yang melindungi dari berbagai penyakit kritis.

2. Pola Hidup Kurang Sehat

Pola hidup yang kurang sehat bisa memicu munculnya banyak penyakit. Misalnya, bekerja sampai larut malam, pola kerja dengan tekanan tinggi, dan pola makan yang tidak sehat, bisa menjadi pertimbangan mengambil asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan lengkap dengan manfaat yang cukup besar.

Baca juga: Potret Jaminan Sosial Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19

3. Pilih Asuransi Kesehatan dengan Fasilitas Cashless

Pilih asuransi kesehatan dengan fasilitas cashless atau non-tunai agar jika harus dirawat inap tidak perlu menyediakan dana di awal. Pilih asuransi kesehatan yang memiliki jaringan rumah sakit rekanan yang luas sampai ke luar negeri.

Hal itu menjadi penting karena jika suatu saat membutuhkan pengobatan di luar Indonesia masih bisa dilindungi oleh asuransi kesehatan Anda. Intinya, antisipasi kebutuhan pada masa mendatang dengan tidak melihat pada kondisi masa kini karena manfaat asuransi bisa dinikmati pada masa mendatang dengan maksimal. 

Nah, pastikan memilih asuransi kesehatan yang bagus dan paling sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keluarga. Gunakan informasi yang ada dan sebanyak mungkin sebagai bahan pertimbangan Anda.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 6, 2021, 8:33 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.