Pegadaian Siap Dorong Integrasi Ekosistem Ultra Mikro UMKM

Pegadaian Siap Dorong Integrasi Ekosistem Ultra Mikro UMKM

PT Pegadaian (Persero) siap menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk memacu pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan melalui integrasi ekosistem Ultra Mikro UMKM (UMi-UMKM) yang melibatkan tiga entitas BUMN, yakni BRI, Pegadaian, dan PNM.

Melalui holding tiga BUMN ini akan mendorong Pegadaian untuk menjadi lebih siap dan kuat dalam menghadapi tantangan lembaga keuangan di masa yang akan datang, baik dari sisi kompetisi maupun digitalisasi bisnis. Selain itu juga sangat bermanfaat dalam membantu pelaku usaha UMi-UMKM untuk maju dan berkembang.

“Pembentukan ekosistem ini bertujuan untuk memperkuat dukungan dan memberikan kemudahan bagi 63 juta pengusaha UMi-UMKM di Indonesia untuk dapat pulih dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi, dan berkesempatan untuk dapat mengembangkan bisnisnya dengan mendapatkan akses pendanaan yang lebih mudah,” ucap Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto.

Baca juga: Tidak Cukup Go Digital, CEO Baba Rafi: UMKM Harus be Digital

Saat ini, masyarakat khususnya pelaku usaha UMi-UMKM menghadapi kesulitan dalam mengembangkan usaha baik dari sisi pendanaan, pengembangan maupun pemasaran sehingga memerlukan pendampingan.

Oleh karena itu, melalui integrasi ekosistem UMi-UMKM ini diharapkan berbagai masalah yang dihadapi dapat diberikan solusi secara berkesinambungan dalam satu atap untuk mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi pelaku usaha UMi-UMKM maupun ketiga perusahaan BUMN.

Ini menjadi momentum bagi Pegadaian untuk dapat terus tumbuh bersama masyarakat. Langkah ini sejalan dengan latar belakang pendirian perusahaan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan ekonomi.

Baca juga: Apa Perbedaan Koperasi Syariah dan Koperasi Konvensional?

“Selain itu juga sesuai dengan visi Pegadaian, menjadi The Most Valuable Company di Indonesia dan sebagai agen inklusi keuangan pilihan utama masyarakat. Peran Pegadaian sebagai solusi dan sahabat masyarakat tetap konsisten dilakukan dengan menyediakan produk dan layanan yang mudah diakses dan biaya yang terjangkau," tambah Kuswiyoto.

Holding BRI-Pegadaian-PNM bahkan semakin memperluas akses bagi pelaku bisnis UMi-UMKM karena ketiga entitas BUMN akan mengintegrasikan berbagai potensi yang dimiliki. Masing-masing BUMN akan melakukan kolaborasi bisnis secara optimal dalam rangka mewujudkan ekosistem UMi-UMKM yang kuat.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 29, 2021, 8:50 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.