Jenis-Jenis Investasi yang Populer Saat ini

Jenis-Jenis Investasi yang Populer Saat ini

Berinvestasi nampaknya sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat masa kini. Selain hanya memberi keuntungan yang lumayan, investasi juga bermanfaat sebagai alat penjaga kekayaan. Sekalipun terjadi resesi ekonomi, misalnya, nilai investasinya tidak turun, tapi naik.

Dari tahun ke tahun, jumlah investasi di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Investasi kini semakin mudah dijangkau oleh masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Hal ini berdampak besar pada pertumbuhan investasi di Indonesia.

Baca juga: Pasar SBN Indonesia Masih Menarik bagi Asing Hingga Akhir Tahun

Bahkan, kini semakin banyak instrumen investasi yang dapat dibeli mulai. Berikut ini adalah beberapa jenis investasi yang dapat Anda lakukan.

Deposito

Deposito merupakan investasi paling umum, yang tidak membutuhkan skill apa pun untuk memulainya. Tugas Anda adalah menyediakan modal, lalu menyimpannya kepada bank dan memilih waktu simpan. Bank akan memberikan return dengan nilai tertentu yang akan menghasilkan uang tambahan untuk Anda.

Obligasi

Obligasi adalah investasi berupa surat-surat berharga kepada pihak yang membutuhkan modal, baik swasta maupun pemerintah. Perusahaan yang berutang nantinya akan mengembalikan uang Anda dengan bunga yang sudah ditentukan seihingga dapat menghasilkan uang tambahan untuk Anda.

Baca juga: Pemerintah Terbitkan Saving Bond Ritel seri SBR010 Berkupon 5,10 Persen

Reksa Dana

Reksa dana adalah instrumen investasi khusus untuk mereka yang tidak memiliki waktu berlebih. Kalian dapat melirik reksa dana. Investasi ini dikelola oleh seorang manajer investasi. Anda selaku investor cukup menitipkan uang Anda dan akan dikelola oleh mereka yang sudah memiliki pengalaman di bidang investasi.

Saham

Saham adalah instrumen investasi dimana Anda membeli sejumlah surat kepemilikan perusahaan. Nantinya perusahaan tersebut akan memberikan deviden dan valuasinya akan naik dan turun sesuai dengan kinerja dan supply and demand di pasara saham. Jika Anda memilih dengan cermat, Anda akan mendapatkan keuntungan luar biasa. Namun harus dipahami saham memiliki resiko tinggi.

Emas

Investasi emas merupakan aktivitas menginvestasikan sejumlah modal pada logam mulia. Sejak dahulu, emas memang dikenal sebagai komoditas yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Investasi ini terbilang aman karen nilai emas tidak terpengaruh lonjakan inflasi. Logam emas juga memiliki harga yang rata-rata mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Baca juga: Membangun Ekosistem Perdagangan Aset Kripto di Indonesia

P2P Lending

P2P Lending salah satu investasi dimana Anda akan mendanai seorang peminjam, baik itu perorangan maupun perusahaan. Peminjam uang nantinya akan mengembalikan uang yang dipinjam dengan bunga tertentu. Sekarang ini sudah banyak platform online yang dapat dilakukan untuk melakukan P2P Lending.

Securities Crowdfunding

Sama halnya seperti saham dan obligasi, securities crowdfunding atau SCF juga menjual surat kepemilikan namun sektor UMKM. SCF juga memberikan surat utang untuk pemodalan UMKM yang nantinya akan menguntungkan bagi investor yang membantu pendanaan. SCF akan menguntungkan bagi pihak UMKM yang dibantu dan investor yang berinvestasi.

Itulah jenis-jenis investasi yang perlu Anda ketahui. Investasi merupakan cara terbaik untuk melindungi kekayaan sekaligus meningkatkan jumlahnya. Namun sebelum mulai berinvestasi, Anda harus menentukan tujuan dari investasi itu sendiri dan memahami profil risiko Anda. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 28, 2021, 9:10 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.