Bank DBS Indonesia Dukung Transformasi Digital Astra Sedaya Finance

Bank DBS Indonesia Dukung Transformasi Digital Astra Sedaya Finance

Bank DBS Indonesia memperkenalkan DBS IDEAL RAPID untuk nasabah korporasi. Layanan perbankan digital ini dapat menjadi solusi untuk membantu nasabah korporasi menjalankan bisnisnya tanpa hambatan dengan fitur-fitur utama yang dapat digunakan kapan saja dan dari mana saja.

DBS IDEAL RAPID mengintegrasikan pemrosesan secara real time terkait pembayaran, piutang, dan pencarian informasi tentang alur kerja bisnis nasabah dan memfasilitasi transaksi bisnis di jaringan (ekosistem) nasabah korporasi.

Pemenuhan transaksi real time tidak hanya meningkatkan efisiensi untuk nasabah korporasi Bank DBS Indonesia dan penghematan biaya, tetapi juga memberikan pengalaman dan menempatkan nasabah korporasi Bank DBS Indonesia sebagai pemimpin pasar di industrinya. 

Baca juga: Menabung Sambil Berdonasi dengan Rekening Green Savings Bank DBS Indonesia

Corporate Banking Director PT Bank DBS Indonesia Kunardy Lie mengatakan, dengan memanfaatkan layanan perbankan korporasi digital DBS IDEAL RAPID, nasabah korporasi dapat mengubah alur kerja operasionalnya menjadi digital dengan proses yang mulus sehingga dapat memberi layanan pembiayaan secara efektif dan nilai lebih bagi bisnisnya.

Salah satu nasabah korporasi Bank DBS Indonesia, PT Astra Sedaya Finance (ASF), berkomitmen penuh untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Mengemban misi untuk mempromosikan Credit for a Better Living, ASF juga turut memberikan dampak positif dengan melayani masyarakat di pedesaan yang ingin meningkatkan taraf hidup.

Dalam situasi pandemi dan pemulihan ekonomi, kebutuhan finansial menjadi sangat penting. Produk multifinance ASF memberikan solusi untuk mendukung kegiatan perbankan nasabah sehari-hari yang membutuhkan akses uang tunai dalam waktu cepat. Maka dari itu, ASF perlu mengoptimalkan produk ini untuk meningkatkan efisiensi dan menyediakan sistem pembayaran instan. 

 

ASF melalui Astra Credit Companies (ACC), salah satu merek dari ASF, memberikan fasilitas finansial, salah satunya Multipurpose Financing yang melayani segmen kelas menengah ke bawah yang tersebar di seluruh Indonesia. Pembiayaan multiguna ini dapat digunakan untuk modal usaha kecil, kebutuhan medis, kebutuhan pendidikan, maupun kebutuhan bulanan.

Baca juga: Prospek Pemulihan Ekonomi Indonesia di Tengah Upaya Vaksinasi

Bank incumbent ASF saat ini tidak memiliki infrastruktur dan kemampuan digital untuk memenuhi kebutuhan proses perampingan melalui setiap cabang (lebih dari 150 cabang di seluruh Indonesia), dan masih dalam proses meningkatkan sistem pencairan bagi nasabahnya.

Head of Finance Astra Credit Companies (ACC) Anastasia Livana menjelaskan, pada 2020 saat merencanakan kelanjutan bisnis, ACC mulai menerapkan infrastruktur DBS IDEAL RAPID, dan merasa sangat puas dengan hasil dari produk perbankan digital Bank DBS Indonesia ini.

“Implementasi sistem ini membutuhkan waktu tiga bulan hingga berjalan, tim Bank DBS Indonesia juga bekerja sama dengan tim ASF dalam proses implementasi dengan memberikan bantuan troubleshooting maksimal 1x24 jam,” ujarnya.

Baca juga: Tiga Hal Penting dalam Menentukan Partner Bank Prioritas

Implementasi DBS IDEAL RAPID menjadikan sistem pencairan ASF lebih efisien dan mengurangi pembayaran yang ditolak. Hal tersebut dapat dilakukan meskipun di tengah situasi pandemi ketika sebagian besar karyawan bekerja dari rumah.

Setelah implementasi DBS IDEAL RAPID, ASF berhasil merampingkan proses dan meningkatkan efisiensi sistem pencairan instan hingga 10 persen, dari H+1 hingga proses di hari yang sama di lebih dari 33 cabang utama, 85 cabang menengah, dan 40 cabang kecil di pedesaan. 

“Dalam implementasinya, Bank DBS Indonesia selalu membantu memastikan proses berjalan dengan lancar. Kami juga mendapatkan feedback yang positif dari pelanggan karena mereka dapat memiliki akses ke uang tunai lebih cepat, di mana hal tersebut sangat berarti bagi mereka khususnya di tengah kondisi saat ini,” tutup Anastasia Livana.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 23, 2021, 8:28 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.