Aset Kripto Bakal Kena Pajak, Ini Kata COO Tokocrypto

Aset Kripto Bakal Kena Pajak, Ini Kata COO Tokocrypto

Pemerintah saat ini tengah menggodok bursa aset kripto yang nantinya akan mengatur kebijakan atau regulasi aset kripto di Indonesia. Salah satu wacana yang tengah direncanakan mengenai pemberian pajak aset kripto.

COO Tokocrypto Teguh Kurniawan Harmanda menilai, rencana penerapan pajak pada asset kripto pasti akan ada kotroversi. Namun yang harus dipahami adalah penerapan pajak akan baik untuk industri aset kripto di Indonesia.

Baca juga: Membangun Ekosistem Perdagangan Aset Kripto di Indonesia

“Industri (aset kripto) akan mempunyai legitimasi dan industri ini sudah diakui secara sah serta bisa dikatakan lebih komplit,” pria yang akrab disapa Harmanda dalam acara Webinar edukatif mengenai “Ekosistem Kripto di Indonesia, Kamis (17/6/2021).

TokoCrypto bersama para member Asosiasi Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO) sepakat bahwa pengenaan dan implementasi pajak dalam industri aset kripto diperlukan. “Kami sepakat perpajakan perlu ada dan implementasikan tetapi pada poin mana yang menjadi titik temu yang baik,” ucapnya.

Baca juga: Heboh Cryptocurrency, Bank Indonesia Siapkan Mata Uang Digital

Namun, Harmanda juga mewanti-wanti, pemberian pajak pada aset kripto jangan sampai berdampak pada perlambatan industri aset kripto di Indonesia. Bukan hanya itu, operasional exchange dari aset kripto juga jangan sampai terganggu.

“Ini harus dinilai bukan memberatkan tapi untuk menumbuhkan trust masyarakat dan untuk menumbuhkan industri kripto. Kita tidak menginginkan dengan penerapan pajak tersebut, sehingga nasabah malah menjadi pemain di luar,” ungkap Harmanda.

Dalam industri aset kripto, salah satu hal yang harus diingat adalah industri ini bersifat borderless, di mana industri aset kripto tidak bisa dibuat dengan batasan yang kaku. Harmanda mengibaratkan, aset kripto sebagai anak baru gede (ABG) yang bila diatur terlalu kaku bisa berbahaya. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 18, 2021, 2:21 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.