3 Tips Maksimalkan Tools dan Program Gratis untuk UMKM

3 Tips Maksimalkan Tools dan Program Gratis untuk UMKM

Ada banyak tantangan untuk memulai usaha dari nol di Indonesia. Namun, salah satu tantangan yang paling umum dihadapi oleh para pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah keterbatasan modal. Banyak pelaku UMKM yang memulai usaha dengan modal yang sangat terbatas.

Mereka berharap seiring berjalannya waktu dan meningkatnya omzet, nantinya mereka bisa merekrut karyawan profesional, serta membeli peralatan dan fasilitas usaha yang lebih baik, untuk bisa semakin memajukan bisnisnya.

Tapi di era modern ini, ada banyak jalan untuk bisa sukses tanpa modal besar. Dengan ketersediaan teknologi dan informasi, sudah banyak cara bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka dengan ‘dukungan gratis’ dari pihak ketiga.

Baca juga: Securities Crowdfunding, Alternatif Pendanaan Modal Usaha UMKM

Berikut tiga tips bagi para UMKM untuk memanfaatkan tools dan program bebas biaya demi kemajuan usaha.

1. Manfaatkan Software Gratis

Ada banyak software gratis yang dapat dimaksimalkan untuk menjalankan bisnis, mulai dari software untuk mengurus keuangan, sumber daya manusia, digital workspace, pemasaran media sosial, hingga manajemen proyek.

Contohnya, Canva.co untuk desain grafis, BukuKas untuk catatan keuangan, Trello untuk manajemen proyek, dan Hootsuite untuk manajemen media sosial. Manfaatkan fitur-fitur gratis ini semaksimal mungkin sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk berlangganan software berbayar.

Baca juga: Tiga Tantangan UMKM dan Marketplace di Masa Pandemi

2. Bergabunglah dengan Kelas Gratis

Seiring dengan semakin maraknya acara virtual, sudah sangat banyak webinar yang dapat Anda ikuti tanpa biaya, terutama untuk mendapatkan insight praktis yang dapat bermanfaat bagi para pelaku UMKM. 

Salah satunya adalah UKM Indonesia, sebuah situs website khusus UMKM yang dikembangkan oleh Universitas Indonesia (UI) yang mengumpulkan semua program dan kesempatan pendanaan. Sebagian besar tanpa perlu bayar sama sekali.

Apabila Anda membutuhkan desain kemasan baru yang menarik, Anda bisa mendapatkan konsultasi dan desain gratis dari KLinik Desain Merek Kemas. Semua konsultasi tersebut tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Baca juga: Xendit Level Up Program Beri Layanan Bebas Biaya untuk UMKM Indonesia

3. Mengikuti Kompetisi Bisnis

Kompetisi bisnis bisa menjadi peluang baik untuk menambah modal usaha, baik secara material maupun non-material. Anda bisa mendapatkan eksposur dan koneksi, serta berkesempatan untuk memenangkan hadiah utama.

Misalnya saja, untuk mengikuti Program Xendit Level Up yang dibuka hingga 30 Juni 2021, pelaku UMKM hanya perlu mengunggah video berdurasi tiga menit yang menjelaskan bisnis dan alasan mengapa mereka membutuhkan program bebas biaya dari Xendit.

Hanya dengan mengunggah video, kamu memiliki peluang besar untuk memenangkan kompetisi ini. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan video yang sebelumnya sudah ada untuk menjelaskan bisnismu, atau membuat video baru sederhana hanya dengan menggunakan handphone.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara memanfaatkan tools dan program gratis untuk mengembangkan bisnis Anda? Jangan ragu untuk memulainya, ya. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 15, 2021, 11:15 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.