Mencari Peluang Baru, BRI Terapkan Model Bisnis Hybrid Company

Mencari Peluang Baru, BRI Terapkan Model Bisnis Hybrid Company

Perkembangan bisnis selalu dinamis. Oleh karena itu, BRI terus berupaya dalam menyasar pertumbuhan baru untuk meningkatkan kinerja di masa yang akan datang. BRI menerapkan model bisnis hybrid company untuk mencari peluang anyar di tengah tantangan bisnis berbasis digital.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo menjelaskan, dalam kompetisi bisnis saat ini perusahaan besar seperti BRI harus selalu dinamis namun tetap stabil. BRI memiliki rekam jejak bisnis yang panjang, namun menghadapi tantangan usaha yang kian besar pada era digital. Oleh karena itu, keduanya harus berjalan beriringan agar tercipta pertumbuhan usaha berkelanjutan.

Model hybrid company ini harus dimulai dengan mindset entrepreneurial, bagaimana kita tidak berhenti untuk terus mencari peluang-peluang baru di tengah ketidakpastian ini, kemudian itu dimulai dari leader-nya. Kepemimpinan dalam konteks ini harus mengkreasi dua hal utama.

Baca juga: Dirut BRI: Pemimpin Transformatif, Kunci Survive di Era Digital

Pertama, mengkreasi budaya yang tangkas atau lincah dalam beradaptasi dan memanfaatkan peluang. Kedua, harus melakukan transformasi digital. Di mana fokusnya bukan pada teknologinya tapi bagaimana sebuah layanan atau sebuah bisnis harus selalu bisa menawarkan nilai atau value bagi pelanggan.

“Digital itu lebih kepada mindset, bagaimana kita bisa mereposisi value kita supaya bisa memberikan manfaat bagi customer BRI. Supaya lebih cepat, lebih baik, lebih efisien. Hal tersebut dilakukan oleh BRI dengan transformasi digital melalui cara-cara hybrid tadi,” ucap Indra.

Dengan demikian usaha yang sudah berjalan saat ini, terus didorong dengan inovasi agar tetap relevan. Di sisi lain, BRI pun konsisten membangun hal-hal baru dan pada era digital ini setiap individu dapat bertukar pikiran dengan sangat mudah, cepat, dan tanpa batas.

Baca juga: Perlindungan Konsumen di Era Digital Semakin Penting

Indra mengungkapkan, intinya sebenarnya berawal dari customer dan berakhir di customer. Karena kita ingin create value untuk customer, maka bagaimana BRI mencari solusi-solusi yang terbaik, maka sumber inovasi itu bisa didapatkan dari dalam maupun dari luar, melalui open innovation platform.

“Supaya yang ada dieksploitasi dan yang baru dieksplorasi. Nah ini harus kita lakukan terus supaya kita selalu punya area pertumbuhan yang agar perusahaan bisa sustain”, jelasnya dalam diskusi daring bertajuk “Platform Inovasi Terbuka” yang digelar oleh Planet Inovasi Foundation bekerja sama dengan Disrupto.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 9, 2021, 8:45 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.