Allianz Life Indonesia Raih Laba Bersih Rp1,3 Triliun

Allianz Life Indonesia Raih Laba Bersih Rp1,3 Triliun

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) membukukan pendapatan premi bruto sebesar Rp 16,9 triliun pada 2020, yang tumbuh. Gross written premium (GWP) itu naik 27,8 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di sisi laba bersih (net income), Allianz Life Indonesia mencatat kenaikan sebesar 16 persen menjadi Rp1,3 triliun.

Kinerja Allianz Life Indonesia yang kuat di tahun 2020, dilatarbelakangi transformasi digital yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Allianz Life melihat peralihan dan perubahan yang terjadi sebagai sebuah peluang untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan bagi nasabah.

Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Joos Louwerier menjelaskan, pihaknya menerapkan perubahan untuk tetap menyediakan perlindungan asuransi dan memberikan layanan terbaik bagi nasabah. “Semakin banyak proses telah diubah menjadi berbasis digital untuk memberikan customer experience yang unik dan mudah,” jelasnya.

Baca juga: Pendapatan Iuran BPJS Ketenagakerjaan Turun 0,22 Persen pada 2020

Pandemi berdampak pada pertumbuhan lini bisnis asuransi kesehatan perorangan Allianz Life Indonesia, yang mencakup produk asuransi kesehatan murni maupun manfaat tambahan (rider) kesehatan yang melengkapi asuransi jiwa unit link. Pada 2020, GWP dari lini bisnis ini meningkat 102,1 persen menjadi Rp1,1 triliun.

Pada 2020, Allianz Life Indonesia memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp11,2 triliun. Kondisi keuangan perusahaan tercatat sangat baik dengan indikator tingkat rasio kecukupan modal (Risk-Based Capital Ratio) sebesar 472 persen per Desember 2020. Allianz Life juga berhasil membukukan Weighted New Business Premium (WNBP) sebesar 15 persen, melampaui rata-rata pasar yang menurun mencapai minus 12,2 persen.

Baca juga: Potret Jaminan Sosial Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19

Pertumbuhan Kuartal I 2021

Pertumbuhan ini berlanjut hingga kuartal I 2021, di mana Allianz Life Indonesia membukukan pertumbuhan WNBP sebesar 14 persen. Angka tersebut di atas rata-rata pasar yang meningkat sebesar 8 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Di tahun 2021, situasi mulai menunjukkan harapan terhadap pemulihan ekonomi, yang tentu akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat, serta industri asuransi jiwa. Kami yakin krisis ini akan membuat Allianz, industri dan negara ini semakin kuat.” tutup Joos.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 4, 2021, 9:05 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.