Gandeng Bank Neo Commerce, Modal Rakyat Permudah Akses Pembiayaan UMKM

Gandeng Bank Neo Commerce, Modal Rakyat Permudah Akses Pembiayaan UMKM

PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) resmi bekerja sama dengan PT Bank Neo Commerce Tbk (Bank Neo Commerce) untuk memperluas pembiayaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berpotensi.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Modal Rakyat dan Bank Neo Commerce diwakili oleh CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik dengan Direktur Utama Bank Neo Commerce Tjandra Gunawan resmi dilaksanakan sebagai kerja sama dalam bentuk channeling.

Dengan bergabungnya Bank Neo Commerce sebagai mitra strategis tentu akan memperkuat Modal Rakyat untuk bisa melakukan akselerasi inklusi keuangan bagi pelaku UMKM di Indonesia. “Kami berharap ke depan, kerja sama ini dapat terus menjadi sinergi untuk mendukung sistem keuangan digital di Indonesia,” kata Hendoko dalam siaran pers yang diterima duitologi.com (24/5/2021).

Baca juga: KNEKS: Pembiayaan Bank Syariah Mampu Bersaing dengan Konvensional

Lewat kerja sama ini, Bank Neo Commerce dapat menyalurkan kredit hingga Rp50 miliar kepada pelaku UKM berpotensi melalui Modal Rakyat. Pembiayaan yang diberikan merupakan jenis pembiayaan invoice financing atau PO financing dengan nominal pembiayaan per pinjaman mencapai Rp2 miliar.

Tjandra sadar bahwa inklusi keuangan yang kami ingin wujudkan akan semakin cepat tercapai dengan menggandeng berbagai perusahaan keuangan terdepan. “Karenanya kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Modal Rakyat yang memiliki rekam jejak yang baik dalam penyaluran pembiayaan pada UKM,” ungkapnya.

Pada tahun 2021 ini, Bank Neo Commerce menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan hingga Rp500 miliar dengan bekerja sama dengan berbagai perusahaan digital ternama di Indonesia dengan harapan dapat mengembangkan ekosistem digital yang luas untuk dapat bertumbuh bersama.

Baca juga: Bank Mandiri Optimis Ekonomi dan Kredit Membaik di Kuartal II 2021

Sementara itu, sebagai salah satu perusahaan P2P Lending, Modal Rakyat Rakyat telah menyalurkan lebih dari Rp1.2 Triliun sejak 2018. Pembiayaan Modal Rakyat sebanyak 46,78 persen pada sektor Teknologi Informasi, 27,52 persen sektor Perdagangan, dan sisanya tersebar pada sektor-sektor lainnya seperti arsitektur dan konstruksi, fashion, logistik, kesehatan, permesinan, hingga manufaktur.

Adanya kerja sama Modal Rakyat dan Bank Neo Commerce diharapkan bisa mendorong transformasi digital UMKM sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Selain itu, transformasi digital bagi UMKM salah satunya adalah dengan mempermudah akses pembiayaan, di mana hadirnya teknologi dapat menjangkau pelaku UMKM di seluruh daerah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 25, 2021, 7:19 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.