Tokopedia Ungkap Transaksi Populer Selama Ramadan

Tokopedia Ungkap Transaksi Populer Selama Ramadan

Sudah seminggu Ramadan 2021 telah berlalu. Tentunya e-commerce dan marketplace meraup banyak transaksi dan keuntungan selama Ramadan lalu. Tokopedia mengungkapkan beberapa temuan menarik  selama Ramadan lalu.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, data internal Tokopedia menyebutkan pengiriman Same-day atau Instant menjadi layanan andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan.

Tokopedia mencatat Perabotan dan Perlengkapan Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Tubuh serta Fashion sebagai tiga kategori paling populer selama bulan Ramadan. “Khusus untuk kategori Fashion Muslim, transaksinya meningkat hampir 4 kali lipat dibandingkan rata-rata bulanan 2021,” terang Ekhel.

Baca juga: Tokopedia Parents Mudahkan Orangtua Penuhi Kebutuhan Keluarga

Di sisi lain, transaksi parsel melonjak lebih dari 3 kali lipat selama kampanye ‘Parsel Ramadan’ Tokopedia berlangsung dibandingkan dengan bulan sebelum kampanye. Dibutuhkan lebih dari dua tahun untuk seorang kasir menyelesaikan seluruh pesanan parsel yang dijual lewat Tokopedia. Secara umum, lebih dari 100.000 produk berbeda terjual dalam satu jam lewat Tokopedia selama Ramadan 2021.

Tokopedia juga mempermudah masyarakat membeli produk bersertifikat halal melalui ekosistem Tokopedia Salam. Rendang Den Lapeh, salah satu pegiat usaha makanan halal, turut mencatat peningkatan transaksi hampir 6 kali lipat selama Ramadan 2021 jika dibandingkan Ramadan 2020 lalu.

Kemudahan ini adalah hasil kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Baca juga: Optimalkan ZIS, BankSyariah Indonesia Resmikan Unit Pengelola Zakat

Selama Ramadan 2021, semangat masyarakat dalam berbagi dari rumah terus meningkat. Hal itu terlihat dari jumlah Zakat, Donasi dan Wakaf yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai Rp13 miliar.

Masyarakat juga bisa beribadah lewat fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat di Tokopedia Salam. “Sejak pertama diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat meningkat hampir 12 kali lipat, sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35 kali lipat,” jelas Ekhel.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 21, 2021, 9:12 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.