DBS Foundation Dukung Wirausaha Sosial di Asia

DBS Foundation Dukung Wirausaha Sosial di Asia

DBS Foundation akan meningkatkan pendanaan program DBS Foundation Social Enterprise (SE) Grant Programme 2021 menjadi SGD3 juta atau sekitar Rp32 miliar. Total dana hibah tahun ini, jumlahnya lebih dari dua kali lipat dibandingkan jumlah hibah tahun lalu.

Group Head, DBS Strategic Marketing and Communications dan Board Member DBS Foundation Karen Ngui mengatakan, wirausaha sosial memainkan peran penting dalam meningkatkan kehidupan dan mata pencaharian seraya mengatasi kesenjangan sosial utama pada tingkat sistemik.

“Dengan jumlah hibah lebih besar pada tahun ini, kami berharap dapat mendukung lebih banyak wirausaha sosial di kawasan pada masa yang penuh tantangan ini, saat mereka membuat kemajuan lebih besar dalam memberikan dampak dan menggerakkan perubahan secara menyeluruh,” katanya.

Baca juga: Tiga Hal Penting dalam Menentukan Partner Bank Prioritas

Selain membina wirausaha sosial pada tahap awal pertumbuhan, DBS Foundation juga melipatgandakan upaya untuk memberikan bimbingan dan dukungan khusus kepada wirausaha sosial berpotensi tinggi yang terpilih untuk mempercepat pertumbuhan mereka.

DBS Foundation akan memilih wirausaha sosial inovatif yang menunjukkan potensi kuat untuk berkembang dan membantu mempercepat kemajuan mereka dengan menggabungkan layanan, keahlian, dan koneksi bank untuk memberikan dukungan yang disesuaikan, ditargetkan, dan holistik.

Hal ini termasuk menugaskan manajer DBS dan kelompok spesialis yang akan bekerja dengan wirausaha sosial untuk mengembangkan rencana pertumbuhan perusahaan berdasarkan atas kebutuhan unik mereka, seperti:

● Saran strategis terkait penggalangan dana

● Bantuan kebutuhan perbankan dan pendanaan

● Koneksi ke kontak industri dan nasabah Private Bank DBS untuk investasi dan peluang bisnis, dan

● Menyelaraskan wirausaha sosial dengan senior leader DBS untuk peluang bimbingan (mentorship)

Baca juga: Dua Wirausaha Sosial Indonesia Terima Dana Hibah DBS Foundation

Ngui menambahkan, tahun lalu adalah tahun penting yang tidak hanya menimbulkan permasalahan sosial tetapi juga menyoroti peran berharga yang dimainkan wirausaha sosial dalam masyarakat. “Sungguh menggembirakan melihat sejauh mana mereka telah berkembang dan meningkatkan kebutuhan akan bisnis yang didorong oleh tujuan memberikan dampak dalam skala besar,” ucapnya.

Hingga saat ini, DBS telah membina lebih dari 640 wirausaha sosial di kawasan melalui berbagai cara (termasuk pendanaan hibah dan bentuk dukungan modal lain, bootcamp, dan masterclass, serta peluang jaringan), dan terus berupaya untuk mengembangkan ekosistem wirausaha sosial yang lebih kuat.

Bank DBS juga meningkatkan dukungan untuk sektor ini di tengah pandemi Covid-19 dan secara kolektif menyalurkan kombinasi pinjaman dan hibah dengan nilai total SGD9 juta pada 2020, nilai tertinggi hingga saat itu.

Baca juga: Aspek Kesehatan dan Ekonomi, Kunci Kebangkitan Perekonomian Indonesia

Hal ini termasuk memberikan pinjaman modal kerja dengan tingkat bunga lebih rendah dari tingkat bunga pasar untuk meringankan kebutuhan arus kas, meluncurkan DBS Foundation Business Transformation and Improvement (BTI) Grant perdana untuk membantu wirausaha sosial mempertahankan pekerjaan atau mengubah bisnis mereka, dan mendanai usaha rintisan baru melalui DBS Foundation Social Impact Prize.

Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia, menerangkan, sejak 2015, sebanyak 12 wirausaha sosial Indonesia telah berhasil menerima DBS Foundation Grant dengan total dana hibah sekitar IDR6,5 miliar. “Dengan kembali diadakannya DBS Foundation SE Grant Programme tahun ini, kami berharap dapat mendukung lebih banyak wirausaha sosial di Indonesia,” katanya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 21, 2021, 9:05 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.