Vaksinasi Gotong Royong untuk Pekerja Dimulai Serentak

Vaksinasi Gotong Royong untuk Pekerja Dimulai Serentak

Program vaksinasi Gotong Rotong Covid-19 untuk pekerja resmi dimulai. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan serentak di 19 perusahaan di Jabodetabek. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di PT Unilever Indonesia, Tbk di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Dosis pertama vaksin diberikan kepada 320 karyawan PT Unilever Indonesia, Tbk., mewakili garda terdepan industri yang selama pandemi memastikan ketersediaan produk kebutuhan masyarakat Indonesia tetap terpenuhi. 

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo melihat, ada 18 lokasi perusahaan, pabrik, industri yang bersama-sama melakukan Vaksinasi Gotong Royong. “Kita harapkan kawasan produksi, kawasan industri, pabrik dan seluruh perusahaan yang produktif akan bisa bekerja lebih produktif lagi dan tidak terjadi penyebaran Covid-19 di dalam perusahaan,” kata Presiden (18/5/2021).

Baca juga: Ini Harga dan Tarif Layanan Vaksin Gotong Royong

Selain Unilever Indonesia, pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong pada pekerja PT Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk Tangerang Mill di bawah naungan Asia Pulp & Paper Sinar Mas, yang secara bergelombang memvaksinasi 4.000 karyawan dari sejumlah mill.

Grup Astra melalui PT Astra Otoparts Tbk (AOP) dan PT United Tractors Tbk (UT) turut serta dalam pelaksanaan Penyuntikan Perdana Vaksinasi Gotong Royong kepada karyawan. Grup Astra menjadi salah satu dari 18 perusahaan yang berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada vaksinasi Gotong Royong tahap awal ini.

Baca juga: Benarkah Vaksinasi Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi?

Program Vaksinasi Gotong Royong adalah program resmi yang dikoordinasikan oleh Kamar Dagang Indonesia (KADIN) untuk sektor industri dengan tujuan membantu upaya kolektif mencapai herd immunity dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Program Vaksinasi Gotong Royong diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan nomor 10 tahun 2021 dan KMK No. HK.01.07/MENKES/4638/2021 untuk memastikan pelaksanaan yang lancar dan tidak berbenturan dengan program vaksin pemerintah.

Beberapa aturan kunci untuk program Vaksinasi Gotong Royong adalah merek vaksin berbeda dengan yang digunakan untuk program pemerintah, pelaksanaan vaksin dilakukan di fasilitas kesehatan swasta, sehingga tidak mengganggu jalannya pelaksanaan program pemerintah. Kemudian, pengadaannya dibebankan pada perusahaan sementara karyawan sebagai penerima vaksinasi tidak perlu membayar apapun.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 19, 2021, 8:51 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.