Indeks Keyakinan Konsumen pada April 2021 Masuk ke Zona Optimis

Indeks Keyakinan Konsumen pada April 2021 Masuk ke Zona Optimis

Bank Indonesia (BI) merilis hasil Survei Konsumen (SK) Bank Indonesia pada April 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen yang optimis terhadap kondisi ekonomi. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2021 sebesar 101,5 yang masuk ke zona optimis (indeks >100).

“Angka ini meningkat dibandingkan 93,4 pada bulan Maret 2021. IKK April 2021 juga merupakan angka optimisme pertama kali sejak IKK masuk zona pesimis pada April 2020,” kata Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono dalam siaran pers di laman resmi Bank Indonesia.

Hasil survei itu menunjukkan, keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di seluruh kota yang di survei (18 kota), tertinggi di kota Padang, diikuti oleh Bandung dan Pangkal Pinang.

Baca juga: Pertumbuhan Kredit Diprediksi Meningkat di Triwulan II 2021

Berdasarkan hasil SK, peningkatan optimisme konsumen pada April 2021 didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yaitu terhadap aspek ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha yang meningkat, dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan yang akan datang.

Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, didorong oleh perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama.

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini

Pada April 2021, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik dari bulan sebelumnya meski levelnya masih berada pada zona pesimis. Hal ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) April 2021 sebesar 80,3, meningkat dari 72,6 pada bulan sebelumnya.

Meningkatnya IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, dengan kenaikan tertinggi terjadi pada Indeks Penghasilan Saat Ini sebesar 10,2 poin menjadi 88,4 (Grafik 4). Secara spasial, IKE terpantau menguat di 16 kota dengan kenaikan tertinggi terjadi di Padang (21,3 poin), diikuti Makassar (16,4 poin) dan Mataram (15,7 poin).

Baca juga: Bank Indonesia Perkuat Perlindungan Konsumen di Era Ekonomi Digital

Pada April 2021, persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan 6 bulan sebelumnya menguat. Hal tersebut didorong adanya pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para pekerja dan peningkatan omset usaha yang terjadi pada periode Ramadan dan jelang Idulfitri, yang berdampak pada perbaikan penghasilan masyarakat.

Kenaikan indeks terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran di bawah Rp5 juta per bulan. Ditinjau dari sisi usia, indeks mengalami peningkatan pada seluruh kelompok usia, terutama pada kelompok responden berusia 41-50 tahun.

Seiring dengan membaiknya keyakinan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada April 2021, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama terutama untuk barang elektronik dan perabot rumah tangga, juga membaik.

Kenaikan indeks terjadi pada seluruh kelompok tingkat pengeluaran, terutama responden dengan pengeluaran Rp1-2 juta per bulan (Grafik 9). Ditinjau menurut kategori usia, keyakinan untuk membeli barang tahan lama meningkat pada seluruh kelompok usia terutama responden berusia 20-30 tahun


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 18, 2021, 8:54 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.