Perbedaan Mudharobah dan Wadiah pada Tabungan Syariah

Perbedaan Mudharobah dan Wadiah pada Tabungan Syariah

Ketika Anda ingin membuka tabungan di bank syariah, ada baiknya Anda lebih dahulu memahami jenis-jenis tabungan syariah yang ditawarkan. Secara umum, perbankan syariah memiliki dua jenis tabungan, yaitu tabungan mudharobah dan tabungan wadiah.

Kedua jenis tabungan tersebut mengacu pada jenis akadnya, yakni mudharobah dan wadiah. Akad inilah yang membedakan antara tabungan syariah dan tabungan konvensional. Lantas, apa perbedaan tabungan mudharobah dan tabungan wadiah?

Tabungan Mudharobah

Tabungan Mudharobah adalah tabungan dalam mata uang rupiah yang penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat, baik melalui counter atau ATM. Sesuai namanya, tabungan ini menggunakan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah.

Baca juga: Penjelasan Sederhana Perbedaan Tabungan Syariah dan Konvensional

Mudharabah muthlaqah adalah kerja sama antara pemilik dana dengan pengelola dana. Pengelolaan dana memiliki sifat dana bebas yang tidak memiliki batas dalam menentukan usaha dan pelaksanaan. Pemilik dana memberikan kebebasan penuh pada pengelola. Digunakan untuk produk tabungan atau pembiayaan lain.

Dengan akad ini, Anda sebagai penabung berhak mendapat manfaat bagi hasil. Apabila usaha yang dijalankan bangkrut dan disebabkan oleh pihak bank, maka pihak bank harus bertanggung jawab atas kerugiannya dan nasabah tetap mendapatkan seluruh uangnya. Sedangkan jika kebangkrutan terjadi akibat kelalaian nasabah, maka tanggung jawab harus dipikul oleh nasabah.

Tabungan Wadiah

Tabungan yang lain adalah Tabungan Wadiah. Tabungan ini adalah tabungan dalam mata uang rupiah berdasarkan prinsip Wadiah Yad Adh-Dhamanah yang penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat di counter bank syariah.

Baca juga: Mengenal Prinsip dan Ciri-ciri Deposito Syariah

Wadiah Yad Adh-Dhamanah adalah akad penitipan uang, di mana pihak yang dititipi boleh memanfaatkan uang tersebut. Tapi jika uang itu rusak atau hilang, maka pihak yang dititipi harus bertanggungjawab atau menggantinya

Berbeda dengan prinsip mudharobah, pengguna tabungan ini tidak akan mendapatkan pembagian keuntungan. Melainkan hadiah dari bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang disepakati oleh Anda dan pihak bank syariah.

Nah, itulah perbedaan antara tabungan mudharobah dan tabungan wadiah. Jadi, apabila Anda ingin membuka tabungan di bank syariah, Anda sudah memahami tabungan dengan akad apa yang akan diambil.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 17, 2021, 11:30 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.