Hati Kembali Suci, Keuangan Kembali Terisi

Hati Kembali Suci, Keuangan Kembali Terisi

Selamat Hari Raya Idulfitri 1442 H. Di hari yang suci, semua umat muslim yang telah menjalani puasa Ramadan sebulan penuh bisa kembali bersih dari segala macam dosa dan noda. Namun, bukan hanya jiwa dan raga saja yang kembali fitrah, keuangan pun harus tetap terisi.

Tidak sedikit orang “jor-joran” menghabiskan banyak uang untuk merayakan Lebaran. Nah, ini adalah saatnya, Anda memulai kembali untuk mengisi pundi-pundi rupiah kembali dalam dompet atau tabungan.

Bagaimana caranya? Tenang, jangan khawatir. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk melakukan perbaikan guna menyehatkan kembali keuangan Anda.

1. Periksa Kondisi Keuangan

Coba Anda lakukan evaluasi dan pencatatan pengeluaran Lebaran. Tujuannya, agar Anda tahu seberapa besar pengeluaran dan mengetahui penyebab pengeluaran menjadi berlebihan. Setelah itu Anda bisa mulai mengganti pos-pos yang terpakai.

Baca juga: Masyarakat Perlu Mengubah Cara Pandang Pengelolaan Keuangan

Bila Anda terlanjur menggunakan dana darurat, lakukan juga evaluasi pada pos ini. Berapa besar dana yang terpakai untuk kemudian mengganti dana darurat yang terpakai tersebut. Hasil evaluasi ini menjadi acuan untuk momen lebaran tahun berikutnya agar tidak menggangu kondisi keuangan.

2. Buat Prioritas Kebutuhan Utama

Buatlah skala prioritas kebutuhan. Utamakan penuhi kebutuhan utama Anda terlebih dahulu. Alihkan dana dari pos pengeluaran yang dirasa kurang penting untuk memenuhi kebutuhan utama Anda.

Anda bisa mencoba dengan menghindari belanja barang-barang yang tidak atau kurang diperlukan. Caranya bisa dimulai dengan mengurangi biaya nongkrong-nongkrong. Perketat anggaran belanja Anda dan mulai berhematlah, setidaknya sampai kondisi keuangan Anda kembali pulih.

3. Mulailah Menabung

Lebaran akan segera berlalu dan saatnya kembali untuk mengisi tabungan Anda kembali. Selain pemenuhan kebutuhan utama, menyisihkan uang untuk tabungan menjadi penting. Jangan tunggu sisa dari pengeluaran, tetapi harus diniatkan disisihkan sedari awal.

Baca juga: Cara Cerdas Menuju Kebebasan Finansial

4. Siapkan Pos Pengeluaran Jangka Panjang

Walaupun sedang berusaha memulihkan keuangan setelah Lebaran, namun jangan lupa untuk menyiapkan dana untuk pengeluaran jangka panjang. Dana yang sudah disiapkan ini dapat membantu kesiapan finansial Anda di masa depan.

5. Lunasi Utang

Bila selama Lebaran Anda menggunakan kartu kredit atau punya cicilan lainnya, yang harus dilakukan selanjutnya adalah membayar tagihan utang tersebut. Jangan ditunda-tunda, semua utang konsumtif harus segera dilunasi.

Semakin ditunda, maka akan semakin berat beban Anda di bulan-bulan berikutnya. Membayar utang sesuai dengan kemampuan harus dilakukan dengan konsisten untuk membantu pemulihan kondisi finansial setelah Lebaran.

Nah, itu beberapa langkah untuk bisa menyehatkan kembali kondisi keuangan Anda setelah Lebaran. Namun, tetap perlu diingat, semua itu haru dijalani dengan konsisten dan bersabar sementara waktu untuk mengembalikan kondisi keuangan Anda.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 14, 2021, 7:16 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.