Ini Hasil Lengkap RUPST dan RUPSLB PermataBank

Ini Hasil Lengkap RUPST dan RUPSLB PermataBank

Pemegang saham PT Bank Permata Tbk. (PermataBank) menyetujui keempat agenda yang diajukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan keempat agenda yang diajukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Beberapa catatan dalam pelaksanaan RUPST dan RUPSLB tersebut memaparkan, selama 2020 PermataBank terus mempertahankan kinerja keuangan yang solid dengan tetap berhasil membukukan pendapatan operasional sebelum pencadangan sebesar Rp3,8 Triliun atau meningkat 23,7 persen yoy dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dengan komitmen penuh, PermataBank sukses menyelesaikan proses integrasi dengan Bangkok Bank Indonesia (BBI) dalam waktu yang singkat pada tanggal 21 Desember 2020. Keberhasilan ini telah menghantarkan PermataBank menjadi salah satu Bank Buku IV dengan membukukan total modal Rp43 Triliun dan CAR meningkat secara signifikan menjadi 35,7 persen.

Baca juga: PermataBank Resmi Menjadi Bank Buku IV

Pada akhir tahun, jumlah nasabah Bank mencapai hampir 4 juta nasabah yang tersebar di 62 kota dengan 300 cabang, empat di antaranya direnovasi menjadi model branch yang terdigitalisasi. Adapun empat agenda RUPST yang telah disetujui oleh pemegang saham adalah sebagai berikut:

1. Persetujuan atas Laporan Tahunan 2020 dan pengesahan atas Laporan Keuangan Konsolidasian untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.

2. Penetapan penggunaan keuntungan bersih PermataBank untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.

3. Penunjukan Kantor Akuntan Publik yang akan mengaudit Laporan Keuangan PermataBank untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dan penetapan honorarium bagi Kantor Akuntan Publik tersebut serta persyaratan lain untuk penunjukannya.

4. Penetapan besar dan jenis remunerasi serta fasilitas lain yang diberikan PermataBank kepada anggota Dewan Komisaris, anggota Direksi, dan Dewan Pengawas Syariah.

RUPSLB dimulai dengan agenda persetujuan atas peningkatan modal ditempatkan dan disetor PermataBank melalui Penawaran Umum Terbatas dengan penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Baca juga: Dirut PermataBank Ditunjuk Menjadi CEO Lembaga Pengelola Investasi

Kemudian dilanjutkan dengan persetujuan terhadap agenda kedua yaitu perubahan Anggaran Dasar PermataBank. Agenda ketiga yaitu pengkinian Rencana Aksi (Recovery Plan) PermataBank guna memenuhi ketentuan Pasal 31 Peraturan OJK Nomor 14/POJK.03/2017 juga telah disetujui.

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi PermataBank

Pada agenda terakhir RUPSLB, pemegang saham menyetujui perubahan susunan Pengurus PermataBank sebagai berikut:

1. Menerima pengunduran diri dari Bapak Ridha D.M. Wirakusumah sebagai Direktur Utama Perseroan berdasarkan suratnya tanggal 18 Februari 2021.

2. Menyetujui Bapak Chalit Tayjasanant yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris PermataBank untuk diangkat sebagai Direktur Utama PermataBank yang baru, efektif secepatnya setelah seluruh persyaratan pengangkatannya terpenuhi, termasuk memperoleh persetujuan fit and proper test dari OJK.

3. Menunjuk Bapak Abdy Dharma Salimin yang saat ini menjabat sebagai Direktur PermataBank, untuk sementara menjalankan fungsi sebagai Direktur Utama sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PermataBank, sejak penutupan RUPSLB sampai dengan pengangkatan Bapak Chalit Tayjasanant sebagai Direktur Utama PermataBank yang baru menjadi efektif.

Baca juga: Amartha dan PermataBank Luncurkan PermataVirtual Account

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka susunan Dewan Komisaris dan Direksi menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama

: Chartsiri Sophonpanich

Komisaris

: Chong Toh

Komisaris

: Chalit Tayjasanant dan Niramarn Laisathit

Komisaris Independen

: Haryanto Sahari

Komisaris Independen

: Rahmat Waluyanto

Komisaris Independen

: Goei Siauw Hong

Komisaris Independen

: Yap Tjay Soen

 

Direksi

Direktur Utama

: Chalit Tayjasanant

Direktur

: Abdy Salimin

Direktur

: Lea Setianti Kusumawijaya

Direktur

: Darwin Wibowo

Direktur Kepatuhan

: Dhien Tjahajani

Direktur Unit Usaha Syariah

: Herwin Bustaman

Direktur

: Djumariah Tenteram

Direktur

: Dayan Sadikin

Direktur

: Suwatchai Songwanich

 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 29, 2021, 10:40 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.