Rayakan Hari Kartini, Bank DBS Indonesia Dukung Kesetaraan Gender

Rayakan Hari Kartini, Bank DBS Indonesia Dukung Kesetaraan Gender

Bertepatan dengan Hari Kartini, Bank DBS Indonesia mengumumkan telah menandatangani CEO Statement untuk Women Empowerment Principles (WEPs) yang didukung oleh program WeEmpowerAsia dari United Nations (UN) Women dan UN Global Compact pada Hari Perempuan Sedunia beberapa waktu lalu.

Dengan menandatangani WEPs, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk mendukung kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan di tempat kerja, tempat usaha, dan komunitas dengan mengimplementasi beberapa hal berikut:

1. Membentuk kepemimpinan perusahaan untuk kesetaraan gender.

2. Memperlakukan semua karyawan perempuan dan laki-laki secara adil tanpa diskriminasi.

3. Memastikan kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan karyawan perempuan dan laki-laki.

4. Mengutamakan edukasi, pelatihan, dan pengembangan profesional untuk perempuan.

5. Mengimplementasikan pengembangan usaha, supply chain, dan praktik pemasaran untuk memberdayakan perempuan.

6. Mempromosikan kesetaraan melalui inisiatif komunitas dan advokasi.

7. Mengukur dan melaporkan secara terbuka tentang kemajuan yang terjadi untuk mencapai kesetaraan gender.

Baca juga: Sejarah Kartini dalam Mata Uang Rupiah

Presiden Direktur, PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mempercayai, adanya kesempatan yang setara (equal opportunities) merupakan pondasi yang tepat untuk dicapai karena memiliki dampak baik bagi bisnis.

 

Memiliki lingkungan kerja yang terdiri dari karyawan yang beragam (diverse) dan setara (equal workplace) memungkinkan kami untuk memiliki ide-ide baru yang beragam, penuh inovasi, dan menghindari pemikiran monoton (groupthink).

“Kami menghargai keragaman, dari usia, ras hingga gender. 46 persen dari posisi manajerial adalah perempuan, dan 45 persen dari senior leader kami adalah perempuan. Oleh karena itu, kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari WEPs. Kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan atas kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di Bank DBS Indonesia,” ucap Paulus.

Baca juga: Setiap Perempuan Modern Wajib Punya Asuransi

UN Women Indonesia Representative and Liaison to ASEAN, Jamshed M. Kazi mengapresiasi langkah Bank DBS Indonesia untuk mendorong pemberdayaan perempuan dengan menandatangani CEO Statement untuk Women Empowerment Principles.

“Kami berharap langkah ini akan menjadi inspirasi bagi lebih banyak perusahaan mengintegrasikan kesetaraan gender ke dalam praktik dan budaya bisnis sehingga tempat kerja menjadi lebih inklusif, setara, dan non-diskriminatif,” ucapnya.

Baca juga: Tiga Hal Penting dalam Menentukan Partner Bank Prioritas

Women Empowerment Principles (WEPs) dibuat atas standar ketenagakerjaan internasional dan hak asasi manusia dan memiliki kepercayaan bahwa bisnis memiliki peran penting dalam kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Kesetaraan gender sendiri berkontribusi signifikan untuk memajukan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

Bank DBS Indonesia memiliki kebijakan yang aktif untuk mendukung kesempatan yang setara dalam hal kemajuan karier, pada tahun 2020 60 persen karyawan yang mendapatkan promosi ke jenjang yang lebih tinggi adalah perempuan, termasuk budaya waktu bekerja yang fleksibel, memberikan berbagai macam parental leave yang didalamnya juga meliputi paternity leave, ruang laktasi di setiap lantai, hingga asuransi kesehatan serta tunjangan keluarga lainnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 22, 2021, 9:16 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.