OJK Keluarkan Izin Usaha Asuransi Jiwa IFG

OJK Keluarkan Izin Usaha Asuransi Jiwa IFG

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan izin usaha Perusahaan Asuransi Jiwa kepada PT Asuransi Jiwa IFG, Nomor KEP-19/D.05/2021 tentang Pemberian Izin Usaha di Bidang Asuransi Jiwa kepada PT Asuransi Jiwa IFG pada tanggal 7 April 2021.

PT Asuransi Jiwa IFG beralamat di Graha CIMB Niaga Lantai 18, Jalan Jend. Sudirman Kav. 58, Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan. Pemberian izin usaha tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Dewan Komisioner dimaksud.

Deputi Komisioner Pengawas IKNB I OJK Anggar Budhi Nuraini Anggar Budhi Nuraini mengatakan, permohonan izin usaha PT Asuransi Jiwa IFG sebagai perusahaan asuransi jiwa telah sesuai dengan ketentuan Pasal 9 ayat (1) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 67/POJK.05/2016 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah.

Baca juga: IFG Siap Cegah Korupsi di Ekosistem Asuransi dan Penjaminan

“Perusahaan Reasuransi, dan Perusahaan Reasuransi Syariah (“POJK 67/2016”) yang mengatur bahwa setiap pihak yang menyelenggarakan usaha asuransi umum, usaha asuransi jiwa, atau usaha reasuransi wajib mendapatkan izin usaha dari OJK,” ucap Anggar. 

Sesuai dengan ketentuan Pasal 27 ayat (1) dan ayat (2) POJK 67/2016, PT Asuransi Jiwa IFG diwajibkan untuk melakukan kegiatan usaha paling lama tiga bulan setelah tanggal izin usaha ditetapkan dan wajib menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan usaha dimaksud kepada OJK paling lama 10 hari kerja sejak tanggal dimulainya kegiatan usaha.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Naikkan Manfaat Program JKK dan JKM

Setelah mendapat izn operasi, anak usaha Indonesia Financial Group (IFG) ini siap menjadi perusahaan asuransi yang mengusung semangat baru dalam industri asuransi nasional. Asuransi JIwa IFG akan menyiapkan strategi untuk membidik pasar asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan pengelolaan dana pensiun di Indonesia.

Dalam menjalankan usaha, Asuransi Jiwa IFG juga akan menerapkan strategi dan model bisnis dengan menerapkan prinsip kepatuhan dan kehati-hatian saat mengelola asset hingga portofolio investasi perusahaan secara ketat.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 22, 2021, 9:19 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.