Platform Digital Multiservice Tingkatkan Efisiensi Transaksi Trade Finance

Platform Digital Multiservice Tingkatkan Efisiensi Transaksi Trade Finance

Bank Mandiri berkomitment memberikan kemudahan tertentu pada produk bank garansinya (BG) seperti relaksasi persyaratan agunan hingga 0 persen, kemudahan verifikasi bagi lembaga, kementerian, kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN), proses penerbitan same day service dan pencetakan bank garansi di lokasi terdekat dengan tempat penyerahan (remote printing).

Salah satu upaya yang dilakukan Bank Mandiri adalah dengan menghadirkan platform digital multiservice Mandiri Global Trade (MGT) guna memberikan solusi atas berbagai kebutuhan finansial nasabah Bank Mandiri dalam transaksi perdagangan internasional, di mana saja dan kapan saja, secara nir-dokumen (paperless), sehingga meningkatkan efisiensi, baik waktu maupun biaya.

Aplikasi online berbasis website yang mulai diperkenalkan pada pertengahan akhir tahun lalu itu tak hanya untuk produk bank garansi, tapi juga untuk berbagai transaksi produk trade finance yang dimiliki Bank Mandiri.

Baca juga: Bank Mandiri Terbitkan Sustainability Bond sebesar US$300 Juta

Transaksi tersebut tidak terbatas pada penerbitan letter of credit (LC) atau Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) dan bank garansi (BG), namun juga termasuk pembiayaan transaksi perdagangan secara online.

Aplikasi MGT ini memberikan tiga benefit utama kepada nasabah Bank Mandiri. Pertama, sebagai produk digital, aplikasi MGT sangat efisien dan efektif. Selain paperless yang berarti turut menjaga kelestarian lingkungan hidup, produk digital dengan layanan online mampu memberikan full time service, 24 jam sehari dan tujuh hari sepekan.

“Nasabah pun tak perlu lagi mengunjungi bank saat akan melakukan transaksi penerbitan, amendement, maupun trande financing. Nasabah cukup memberikan instruksi transaksi trade dan BG secara online,” terang Direktur Treasury & International Bank Mandiri Panji Irawan dalam keterangan resmi yang diterima duitologi.com.

 

Kedua, nasabah tidak perlu lagi mengunjungi atau menghubungi petugas bank untuk memperoleh berbagai dokumen dan informasi transaksi, seperti informasi ketersediaan limit fasilitas dan pemberitahuan keberhasilan transaksi.

Semua itu akan disampaikan melalui pesan pendek (short message service-SMS) dan email terdaftar secara real timeDashboard MGT juga akan membantu mengingatkan nasabah atas kewajiban yang akan jatuh tempo.

Baca juga: Pandemi Mendorong Percepatan Transformasi Digital

Nasabah juga dapat menikmati layanan pelaporan transaksi dengan templete yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Template draft transaksi yang sering digunakan nasabah juga dapat disimpan untuk transaksi selanjutnya.

Ketiga, akses ke aplikasi dilakukan secara bertingkat yang fleksibel dengan akses dual control yang menjamin pengawasan transaksi nasabah. Nasabah juga dapat melakukan preview draft terlebih dahulu sebelum melakukan penerbitan LC/SKBDN/SBLC, serta didiskusikan terlebih dahulu dengan rekan bisnis.

Dengan tiga benefit digital aplikasi tersebut, nasabah Bank Mandiri semakin mudah, murah, cepat, dan aman saat melakukan berbagai transaksi trade finance. Di sisi lain, Bank Mandiri pun semakin profesional dan kompetitif dalam memberikan layanan kepada nasabahnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 20, 2021, 10:57 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.