Perhatikan Syarat Klaim Asuransi Kesehatan Agar tidak Ditolak

Perhatikan Syarat Klaim Asuransi Kesehatan Agar tidak Ditolak

Asuransi kesehatan menjadi pilihan yang tepat di masa pandemi seperti sekarang ini. Asuransi kesehatan akan memproteksi kesehatan Anda melalui jaminan perawatan yang maksimal di rumah sakit.

Memiliki asuransi kesehatan juga menjadi bentuk pengelolaan keuangan yang tertata rapi. Apabila terjadi musibah kesehatan, maka asuransi akan menggantikan biaya perawatan, sehingga tidak perlu lagi merogoh tabungan atau mencari pinjaman uang.

Namun patut diperhatikan oleh semua nasabah asuransi kesehatan bahwa biaya penggantian atau klaim itu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut ini beberapa syarat klaim asuransi kesehatan agar tidak ditolak.

Baca juga: Masyarakat Perlu Mengubah Cara Pandang Pengelolaan Keuangan

Bayar Premi Tepat Waktu

Untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, nasabah asuransi harus patuh dan tertib dalam membayar premi tepat waktu. Bila pembayaran premi terlambat atau menunggak, perusahaan asuransi akan membuat catatan bahwa polis Anda tidak aktif. Klaim dapat diajukan kembali ketika polis aktif. 

Batas Waktu Pengajuan Klaim 

Setiap perusahaan asuransi kesehatan punya batas waktu pengajuan klaim yang berbeda-beda. Maka dari itu perhatikan batas waktu pengajuan klaim dari asuransi kesehatan yang Anda miliki. Lama waktu yang diterapkan perusahaan berbeda-beda, biasanya sekitar 30 sampai 60 hari usai pengobatan.

Dokumen Klaim Tidak Lengkap

Banyak nasabah yang ditolak pengajuan klaimnya karena dokumen yang tidak lengkap. Contohnya, tidak ada diagnosis dokter yang jelas atau rincian tagihan tidak lengkap atau tidak ada rujukan ke dokter spesialis dari dokter umum. Padahal dokumen tersebut sangat diperlukan dalam pengajuan klaim asuransi kesehatan.

Baca juga: Mencegah Anak Stunting dengan Asuransi Kesehatan

Itulah beberapa sebab pengajuan klaim asuransi kesehatan bisa tertolak. Agar tidak mengalami hal tersebut, alangkah baiknya Anda mempelajari kembali isi polis dari asuransi kesehatan yang Anda miliki sebelum mengajukan klaim.

Selain sistem klaim kesehatan reimbursement, sebetulnya ada cara lain untuk memproses klaim dengan mudah, yakni dengan memiliki asuransi kesehatan terbaik yang memiliki sistem pembayaran cashless. Sistem pembayaran itu tergantung pada saat awal Anda membeli asuransi kesehatan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 30, 2021, 6:55 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.