Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah, BSI Sasar Pemuda Muhammadiyah

Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah, BSI Sasar Pemuda Muhammadiyah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah kepada semua kalangan. Kali ini, BSI bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berkolaborasi meningkatkan inklusi dan literasi keuangan kepada para pemuda Muhammadiyah.

Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia Kokok Alun Akbar berharap, edukasi keuangan tersebut dapat berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah kepada masyarakat terutama kepada Pemuda dan Mahasiswa Muhammadiyah.

“Selain itu acara ini diharapkan bisa menjadi solusi dan menjawab kebutuhan masyarakat dalam mengelola keuangan sesuai prinsip syariah melalui berbagai produk, layanan, dan fitur-fitur yang lengkap,” katanya dalam acara Inklusi Keuangan bagi Pemuda dan Mahasiswa Muhammadiyah Melalui Edukasi Keuangan.

Baca juga: BSI Gandeng Lembaga Riset dan Perguruan Tinggi Kembangkan Ekonomi Syariah

Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) 2019 Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah Indonesia masing-masing 8,9 persen dan 9,1 persen. Angka literasi dan inklusi keuangan syariah ini lebih rendah dibandingkan konvensional yang sudah mencapai masing-masing 38,03 persen dan 76,19 persen. 

Dengan besarnya populasi penduduk muslim di Indonesia yang mencapai 87,18 persen dari total penduduk sejumlah 255 juta, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di  dunia, sehingga terdapat potensi yang besar untuk meningkatkan indeks inklusi keuangan syariah di Indonesia.

Dalam acara ini, terdapat perjanjian kerja sama antara Bank Syariah Indonesia dan Pemuda Muhammadiyah terkait program peningkatan inklusi keuangan syariah. Selain itu, Bank Syariah Indonesia juga melakukan penyerahan buku tabungan BSI kepada 1000 kader Pemuda Muhammadiyah dan KUR BSI kepada 100 pelaku bisnis mikro kader Pemuda Muhammadiyah.

Baca juga: Dampak Bank Syariah Indonesia terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional

Peran PP Pemuda Muhammadiyah sebagai salah satu lembaga otonom PP Muhammadiyah cukup strategis dalam meningkatkan inklusi keuangan syariah, sehubungan dengan besarnya jumlah jaringan pemuda dibawahnya, dan jaringan sekolah dan universitas yang dapat mencapai 28.159 unit.

Dengan estimasi total untuk siswa dan mahasiswa dibawah naungan PP Pemuda Muhammadiyah sejumlah 4 juta jiwa. Bank Syariah Indonesia berharap kerja sama dengan Pemuda Muhammadiyah bisa berlanjut untuk ke depannya. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 24, 2021, 8:20 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.