4 Tips Mulai Karier Menjadi Influencer Terkenal

4 Tips Mulai Karier Menjadi Influencer Terkenal

Tren di media sosial semakin berkembang seiring dengan pertumbuhan platform media sosial baru di era digital ini. Begitu juga dengan para influencer di dalamnya. Banyak dari influencer ini yang berlomba-lomba mengunggah konten kreatifnya di media sosial untuk menjadi terkenal dan mendapatkan exposure.

Namun, menjadi populer bukan satu-satunya tujuan para influencer, dengan adanya perkembangan teknologi bukan tidak mungkin seseorang bisa mendapatkan penghasilan melalui media sosial miliknya.

Baca juga: Bisa Dapat Penghasilan dari Media Sosial? Kenapa Tidak!

Beberapa influencer bahkan telah memantapkan karirnya di media sosial. Berikut ini tips Anda yang ingin memulai karier sebagai influencer terkenal.

1. Explore Bakat dan Kreasikan Konten 


Untuk menjadi influencer terkenal, tidak selalu harus ikut serta membuat konten yang sedang tren. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengeksplorasi bakatmu. Dengan begitu, Anda tahu tipe konten seperti apa yang Anda kuasai. 

2. Asah Keterampilan Mengedit Video


Jika Anda ingin fokus menjadi seorang influencer jangan lupa untuk selalu mengemas konten semenarik mungkin. Mulailah belajar editing tools yang tersedia di banyak aplikasi seperti Likee atau aplikasi editing tools lainnya.

Baca juga: Mengenal Lagom, Gaya Hidup Seimbang dan Lebih Sehat

Terus asah keterampilan mengedit video untuk membuat konten video pendek yang unik dan menarik perhatian orang yang menonton. Ketekunan dalam mengasah keterampilan tentu akan membuahkan hasil.

3. Konsisten dalam Membuat Konten


Konsisten adalah kunci. Jika Anda ingin menjadi influencer, konsistenlah dalam mengunggah konten. Dengan Anda selalu konsisten membuat konten Anda bisa tetap bersaing dengan influencer lain dalam menyajikan pilihan konten bagi penggemarmu.

Namun tetap ingat bahwa konsistensi mengunggah konten juga harus berbanding lurus dengan kualitas video atau topik. Buatlah rencana yang berisi tema-tema yang akan Anda unggah ke media sosial.

Berdasarkan data dari Sprout Social ada hari dan waktu tertentu dalam seminggu di mana Anda bisa mendapatkan engagement maksimal untuk konten yang Anda unggah. Untuk sebagian besar platform, tingkat keterlibatan tertinggi dapat dilihat selama pertengahan minggu pagi dan sore hari.

Baca juga: Ini Ciri Gaya Hidup Konsumtif yang Bisa Merusak Keuangan

Rabu adalah hari terbaik untuk mengunggah konten baru di sebagian besar platform. Anda juga harus memeriksa waktu terbaik untuk mengunggah konten di platform pilihan Anda dan membuat jadwal unggahmu sesuai.

4. Promosi Personal Branding di Berbagai Platform


Seiring berjalannya waktu berbagai platform baru bermunculan. Sebagai influencer Anda harus tetap update dengan perkembangan tersebut untuk dapat mengoptimalkan promosi personal branding Anda.

Jangan terlalu fokus dengan satu media sosial. Sebagian besar influencer populer hanya di dua hingga tiga platform media sosial. Jadi, yang terbaik adalah memfokuskan upayamu dalam membuat konten untuk mempromosikan personal branding di lebih dari satu media sosial.

Setelah Anda memilih platform mana saja yang sesuai, Anda perlu membuat profil baru atau mengoptimalkan yang sudah ada sesuai dengan personal branding yang ingin Anda ciptakan atau yang ingin dicapai.

Baca juga: Pemimpin dan Manajer, Serupa tapi Tak Sama

Nah, apakah sekarang Anda semakin tertarik untuk mencoba menjadi influencer? Perlu diingat bahwa menjadi influencer bukanlah pekerjaan yang mudah dan instan. Semua proses ini perlu dipelajari secara pelan-pelan dan bertahap.

Ingat, sesuatu yang munculnya instan akan selesai secara instan juga. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba mempraktekkan tips diatas dan mulai mendapatkan penghasilan secara online melalui media sosial. Selamat mencoba!



Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 15, 2021, 9:09 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.