Tembus Rp700 Juta per Keping, Apa itu Bitcoin?

Tembus Rp700 Juta per Keping, Apa itu Bitcoin?

Beberapa minggu belakangan ini, orang ramai membicarakan bitcoin. Kabar yang paling menghebohkan adalah Tesla yang memborong bitcoin senilai Rp21 triliun. Harga bitcoin memang membuat banyak orang geleng kepala. Per 4 Maret 2021 pukul 20.00 WIB, harga bitcoin mencapai Rp703.906.724,80 per kepingnya.

Maka tidak heran, banyak orang mulai melirik bitcoin ini sebagai alternatif investasi layaknya investasi saham. Selain dari harganya, bitcoin ini punya banyak keuntungan yang sangat menggiurkan.

Jika Anda termasuk pemula dan belum mengerti mengenai bitcoin ini, maka terlebih dahulu Anda harus memahami karakteristiknya. Setidaknya hal tersebut memberi pengetahuan awal sebelum benar-benar menggunakannya atau terjun ke dunia investasi.

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Sepanjang Februari 2021

Karakteritik Bitcoin

Bitcoin merupakan jenis mata uang elektronik yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Dalam transaksinya, bitcoin menggunakan jaringan internet tanpa perlu memaki perantara dengan menggunakan sistem peer to peer (P2P) lending.

Kepopuleran bitcoin ini terntu tidak lepas dari karakteristik yang membuat mata uang digital ini semakin terkenal. Salah satu ciri dari bitcoin ini adalah bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Hadirnya bitcoin memberi pengaruh besar bagi dunia jual beli karena digunakan secara online.

Bahkan ada yang beranggapan bitcoin bisa disamakan dengan emas yang dikenal sebagai instrumen investasi jangka panjang. Pasalnya, bitcoin dianggap tidak mudah terdegradasi dan relatif stabil. Bitcoin bersifat open manner, dimana selain dapat digunakan secara global oleh publik, juga bersifat transparan atau tidak ada kepentingan pribadi sama sekali.

Saksikan: Apa Itu Cryptocurrency dan Bitcoin?

Maka tidak heran, semakin banyak orang yang menjadikan bitcoin sebagai sarana investasi. Bagi Anda yang penasaran, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakannya guna berbagai keperluan kapan saja. 


Cara Memperoleh Bitcoin

Laman modalrakyat.id menjelaskan, selain bermanfaat sebagai instrumen investasi potensial, bitcoin dapat dimanfaatkan sebagai mata uang untuk oembelian server internet hingga pembayaran produk fashion.

Jika Anda tertarik dengan keuntungan dari bitcoin tersebut, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menambang (mining) dan membelinya di berbagai situs yang menawarkan bitcoin. Bagi pemula memang akan terasa sulit sehingga dibutuhkan kesabaran untuk bisa memperoleh bitcoin.

Baca juga: Investasi Dinar dan Dirham, Untung atau tidak?

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat akun di website www.bitcoin.co.id kemudian ikuti seluruh petunjuk di dalamnya. Ketika berhasil maka Anda akan menuju ke laman di mana dapat melihat saldo hingga berapa mata uang elektronik dimiliki. Anda juga dapat memantau hingga melakukan trading

Jangan lupa verifikasi akun dengan melengkapi syarat-syaratnya saat ingin melakukan trading. Setelah itu lakukan deposit di dalam akun Anda sebagai modal membeli bitcoin. Memang akan terasa tidak mudah karena dalam trading dibutuhkan strategi khusus.

Perlu Anda ketahui juga jika bitcoin adalah mata uang yang tidak dapat dikontrol siapa saja bahkan lembaga pemerintah. Sehingga sulit apabila ada orang akan bertindak kejahatan atau melakukan penipuan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 5, 2021, 6:10 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.