Cara dan Biaya Balik Nama Sepeda Bermotor

Cara dan Biaya Balik Nama Sepeda Bermotor

Membeli sepeda motor bekas atau seken menjadi altenatif banyak orang yang ingin punya kendaraan sendiri. Namun, tidak sedikit orang menyepelekan melakukan balik nama kendaraan. Apabila Anda tidak melakukan hal ini, maka akan sangat merepotkan karena Anda harus bolak-balik meminjam KTP pemilik sebelumnya untuk perpanjangan STNK serta dokumen penting lainnya.

Balik nama sepeda motor adalah sebuah proses pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik pertama ke pemilik kedua, dan seterusnya. Pengalihan nama tersebut dilakukan di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Petunjuk Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Bagaimana cara balik nama sepeda motor? Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk balik nama sepeda motor? Nah, berikut ini penjelasan mengenai prosedur dan biaya balik nama sepeda motor terbaru 2021.

Baca juga: Begini Cara Bayar Pajak Motor di Aplikasi LinkAja

Dokumen Balik Nama

Untuk melakukan balik nama motor bisa dilakukan di Samsat terdekat di kota Anda. Sebelum datang ke Samsat, pastikan bahwa Anda telah melengkapi persyaratan dokumentasi yang dibutuhkan terlebih dahulu. Jika ada dokumen yang kurang, maka dokumen lainnya akan dikembalikan. Berikut ini dokumen balik nama yang diperlukan:

- Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) beserta fotocopy 2-3 lembar.

- KTP pemilik kendaraan yang baru asli disertai dengan fotocopy 2-3 lembar.

- BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor) yang asli dan disertai dengan fotocopy.

- Kuitansi atau bukti jual beli motor. Khusus untuk Anda bukti jual beli ini, perlu disertakan tanda tangan pemilik baru dan lama di atas materai.

- Berkas cek fisik motor yang sudah dikeluarkan oleh Samsat.

Baca juga: 3 Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan dari Rumah


Prosedur Balik Nama

Setelah melengkapi dokumen untuk balik nama motor, maka Anda juga harus paham prosedur pengurusan balik nama kendaraan motor. Beberapa prosedur balik nama kendaraan motor yang perlu Anda perhatikan antara lain:

- Melakukan cek fisik kendaraan. Proses pengecekan akan dilakukan petugas Samsat dengan memperhatikan nomor rangka dan mesin kendaraan.

- Pengisian formulir balik nama. Formulir ini bisa didapatkan dari loket pendaftaran. Setelah kamu isi lengkap dan benar, serahkan formulir beserta dengan dokumen lainnya.

- Tunggu antrean. Petugas akan melakukan pemanggilan sesuai nomor urut yang sudah Anda dapatkan.

- Proses pembayaran. Besarnya biaya yang perlu dibayarkan tidak sama, banyak tidaknya akan disesuaikan dengan jenis kendaraan.

- Tunggu proses pencetakan STNK selesai. Dalam kondisi normal, STNK dapat diselesaikan pada hari yang sama. Namun, tak menutup kemungkinan Anda akan diminta untuk menunggu sekitar 5 hingga 7 hari kerja.

- Ambil STNK baru yang sudah dibalik nama. Cek apakah terdapat kesalahan dalam penulisan nama yang tertera.

Baca juga: Bingung Pilih Mobil Baru atau Bekas? Pertimbangkan 5 Hal ini


Biaya Balik Nama 

Biaya balik nama sepeda motor bisa berbeda-beda, tergantung daerah. Namun secara keseluruhan, perbedaan biaya antar daerah tidak terlalu besar. Jika Anda ingin mengetahui detail biaya balik nama motor tiap daerah, sebaiknya lakukan pengecekan pada laman resmi Samsat.

Namun, apabila kamu berdomisili di DKI Jakarta, berikut biaya balik nama motor yang perlu kamu ketahui:

- Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) adalah dana sukarela dari pembayar pajak kendaraan sepeda motor dalam kecelakaan jalan raya dan berfungsi sebagai dana asuransi sebesar Rp35.000.

- Biaya administrasi, total biaya pengerjaan imbal jasa sepeda motor sebesar Rp80.000.

- Biaya pembuatan BPKB baru untuk kendaraan sepeda motor kamu sebesar Rp80.000.

- Biaya cetak STNK sebesar Rp50.000.

- Biaya pembuatan nomor polisi baru untuk sepeda motor kamu sebesar Rp30.000.

- Biaya transfer nama Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). Untuk hal ini, jumlahnya pun bervariasi sesuai dengan tipe kendaraan motor. Namun, tarif dasar untuk pengalihan nama adalah 2/3 kali lipat dari dasar pajak SKDP.

- Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), tergantung jenis, harga dan umur dari sepeda motor tersebut. PKB ini tercantum di STNK pemilik sepeda motor lama.

Dalam hal biaya balik nama motor, banyak orang yang sering kebingungan melakukan perhitungan karena biaya balik nama motor ini berbeda-beda tergantung basis pajak kendaraan yang dibeli. Oleh karena itu, pertama-tama kamu harus mengetahui berapa biaya dasar pajak sepeda motor tersebut.

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang harus dibayar biasanya sebesar 1,5 persen dari nilai jual sepeda motor. Khusus untuk kendaraan sepeda motor bekas, karena harga jual sepeda motor di pasaran masih terus meningkat, sepeda motor bekas ini bisa saja mengalami penurunan nilai. Meski begitu, Anda bisa melihat nilai PKB berdasarkan PKB tahun lalu yang ada pada STNK pemilik lama.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 2, 2021, 8:57 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.