[Infografis] Mengenal Lembaga Pengelola Investasi

[Infografis] Mengenal Lembaga Pengelola Investasi

Lembaga Pengelola Investasi merupakan lembaga pengelola dana abadi investasi dalam negeri yang dibentuk oleh undang-undang untuk meningkatkan dan mengoptimalkan nilai aset negara secara jangka panjang untuk mendukung pembangunan berkelanjutan serta bertanggung jawab kepada Presiden.

Pembentukan lembaga tersebut merupakan tindak lanjut dari amanat Undang-Undang Cipta Kerja yang telah disahkan beberapa waktu lalu. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2020 tentang Lembaga Pengelola Investasi.

Baca juga: Profil Tiga Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi

Untuk lebih mengenal Lembaga Pengelola Investasi (LPI) ini, berikut infografis yang dibuat oleh duitologi.com dari berbagai sumber.

 

Pada 27 Januari 2021, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah melantik dan mengambil sumpah jabatan lima anggota Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) di teras belakang Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga: Dirut PermataBank Ditunjuk Menjadi CEO Lembaga Pengelola Investasi

Kelima anggota tersebut terdiri dari Menteri Keuangan sebagai ketua merangkap anggota, Menteri Badan Usaha Milik Negara sebagai anggota, serta tiga anggota dari unsur profesional yaitu Haryanto Sahari, Yozua Makes, dan Darwin Cyril Noerhadi.

Selain Dewas, pada kesempatan itu, Presiden juga memperkenalkan lima orang Dewan Direktur LPI yang seluruhnya berasal dari unsur professional. Kelima orang tersebut adalah Ridha Wirakusumah, sebagai Ketua Dewan Direktur; Arief Budiman, sebagai Wakil Ketua Dewan Direktur/Direktur Investasi; Stefanus Ade Hadiwidjaja, sebagai Direktur Investasi; Marita Alisjahbana, sebagai Direktur Risiko; serta Eddy Porwanto, sebagai Direktur Keuangan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 23, 2021, 8:48 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.