Profil Tiga Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi

Profil Tiga Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi

Presiden RI Joko Widodo telah melantik dan mengambil sumpah jabatan bagi lima anggota Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Pengelola Investasi (LPI). Kelima anggota itu adalah Menteri Keuangan sebagai ketua merangkap anggota, Menteri Badan Usaha Milik Negara sebagai anggota, serta tiga anggota dari unsur profesional yaitu Haryanto Sahari, Yozua Makes, dan Darwin Cyril Noerhadi.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI), Presiden Jokowi memperkenalkan tiga Anggota Dewas LPI yang berasal dari unsur profesional dan independen. Ketiga figur ini sebelumnya telah melalui sejumlah proses seleksi serta memperoleh persetujuan DPR.

1. Haryanto Sahari


Haryanto akan menjabat sebagai anggota Dewas LPI untuk masa jabatan 2021-2024. Sebelumnya, Haryanto Sahari merupakan Komisaris Independen PermataBank sesuai hasil RUPSLB PermataBank tanggal 26 September 2017.

Baca juga: Dirut PermataBank Ditunjuk Menjadi CEO Lembaga Pengelola Investasi

“Beliau expert di bidang tata kelola perusahaan dan manajemen risiko, berpengalaman lebih 30 tahun sebagai akuntan senior yang mengaudit berbagai perusahaan besar kelas dunia,” ungkap Presiden dikutip dari laman setkab.go.id.

Haryanto tercatat sebagai anggota Komite Audit Unilever Indonesia dari tahun 2016 sampai sekarang serta pernah menjadi auditor senior di PricewaterhouseCoopers (PwC)  Australia dan partner di PwC Indonesia. Ia juga berpengalaman memimpin restrukturisasi berbagai perusahaan di saat krisis ekonomi Asia di 1998-1999.

2. Yozua Makes


Anggota Dewas LPI dari kalangan profesional selanjutnya adalah Yozua Makes yang menjadi anggota Dewas untuk masa jabatan tahun 2021-2025. Yozua Makes merupakan sosok yang expert dalam bidang hukum, korporasi, dan keuangan.

“Beliau expert dalam bidang hukum, korporasi, dan keuangan. Pendiri dan managing partner dari firma hukum Makes & Partner, punya pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang hukum dengan spesialisasi menangani merger dan akuisisi corporate finance, termasuk penanaman modal asing,” tutur Jokowi.

Baca juga: Bank Indonesia: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV 2020 Membaik

Yozua Makes adalah penerima penghargaan internasional sebagai Praktisi Hukum Pasar Modal Terbaik di Asia Leading Lawyers dari Asia Pacific Legal 500 serta Recommended Corporate Transaction Lawyer by Global Counsel 3000. “Sebagai lawyer korporasi, Pak Yozua saya meyakini memiliki reputasi di tingkat internasional,” tambah Jokowi.

3. Darwin Cyril Noerhadi


Darwin Cyril Noerhadi yang menduduki jabatan anggota Dewan untuk masa jabatan tahun 2021-2026. Darwin Cyril Noerhadi merupakan expert dalam pasar modal yang punya pengalaman dalam fundraising dan investasi.

“Beliau expert dalam pasar modal yang punya pengalaman dalam fundraising dan investasi hingga 1,5 miliar  Dolar AS di Indonesia-Malaysia, di India dan Vietnam, serta berpengalaman sebagai komisaris dan direksi di berbagai entitas ternama antara lain di Corporate Finance Partner PricewaterhouseCoopers Indonesia dan Chairman di Creador Capital,” ungkap Presiden Jokowi.

Selain Dewas, pada kesempatan ini, Presiden juga memperkenalkan lima orang Dewan Direktur LPI yang seluruhnya berasal dari unsur professional. Kelima orang tersebut adalah Ridha Wirakusumah (Ketua Dewan Direktur), Arief Budiman (Wakil Ketua Dewan Direktur atau Direktur Investasi), Stefanus Ade Hadiwidjaja (Direktur Investasi), Marita Alisjahbana (Direktur Risiko), dan Eddy Porwanto (Direktur Keuangan).


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 22, 2021, 8:51 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.