Terindikasi Money Game, TikTok Cash dan Vtube Diblokir Kominfo

Terindikasi Money Game, TikTok Cash dan Vtube Diblokir Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemblokiran atas situs Tiktok Cash yang menjanjikan uang setelah menonton video di platform TikTok. Pemblokiran itu tidak hanya untuk situs, tetapi juga mencakup media sosial yang terafiliasi ke situs itu. 

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi membenarkan adanya pemblokiran situs Tiktok Cash. “Betul, Kominfo telah melakukan pemblokiran terhadap situs tiktokecash.com. Media sosial TikTok Cash juga sedang dalam proses blokir,” katanya dalam keterangan resmi di laman kominfo.go.id.

Pemblokiran itu dilakukan sesuai permintaan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi tanpa izin. “Alasan pemblokiran sebagai transaksi elektronik yang melanggar hukum,” jelas Dedy.

Baca juga: Investasi Vtube Legal atau Tidak? Ini Penjelasan OJK

Situs Tiktok Cash melakukan kegiatan pemberian reward kepada anggotanya yang melakukan follow, like, dan menonton video TikTok. Bahkan, untuk menjadi anggota di platform tersebut, seseorang harus membayar biaya yang bervariasi tergantung tingkat keanggotaannya.

TikTok Cash menerapkan sistem di mana pengguna harus mengundang orang lain untuk ikut bergabung agar dapat meningkatkan keuntungan. Kemudian, saldo sejumlah tertentu bisa dicairkan ke rekening bank pengguna.

Konsep TikTok Cash juga sama dengan Vtube yang telah dinyatakan Satgas Waspada Investasi OJK, sebagai entitas investasi ilegal. Vtube menjanjikan penghasilan mulai Rp 200 ribu hingga jutaan rupiah per bulan hanya dengan menonton tayangan iklan video selama 5-10 menit per hari.

Baca juga: Satgas Waspada Investasi Temukan 133 Fintech dan 14 Investasi Ilegal

Selain TikTok Cash, Kominfo juga memblokir aplikasi Vtube atas permintaan OJK. Masyarakat juga sempat dihebohkan dengan kemunculan VTube, yang menawarkan imbalan poin bagi anggotanya setelah menonton iklan di platform tersebut.

Poin yang diperoleh itu dapat ditukar dengan uang tunai. Sebelumnya, OJK juga telah meminta Kominfo untuk memblokir situs dan aplikasi VTube yang bernaung di bawah PT Future View Tech, karena terindikasi sebagai skema money game.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menyatakan Vtube yang dikelola oleh PT Future View Tech sebagai entitas investasi illegal pada Juni 2020. Hal itu tertuang jelas dalam Lampiran II Juni Daftar Entitas Yang Dihentikan Satgas Waspada Investasi.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing mengakui, saat ini, pihak VTube memang tengah mengurus izin yang dibutuhkan agar bisa beroperasi. “Iya, saat ini (Vtube) sedang mengurus izinnya,” ucapnya seperti dikutip duitologi.com (1/2/2021).


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 17, 2021, 9:36 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.